Minim Faskes Gratis, Malang Care Datangi Warga Desa Bedali
Malang Care dan HIMAHI UB memberikan pengobatan gratis kepada warga Desa Bedali, Kec. Lawang, Kab. Malang (ist)

MALANGTODAY.NET – Semangat kepedulian sosial terus digalakkan komunitas Malang Care. Kali ini, sejumlah lima dusun terpencil, Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, mendapatkan layanan pengobatan dan kesehatan gratis, Minggu (10/12).

Layanan pengobatan gratis yang diikuti ratusan warga di balai desa Bedali ini, digagas oleh Bhabinkabtibmas Bedali bekerjasama dengan Malang Care dan relawan dari Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Universitas Brawijaya.

Dalam sesi tersebut, Malang Care melayani segala pelayanan kesehatan meliputi medical check-up, pengukuran tensi darah, konsultasi kesehatan berikut pengobatan tanpa ada pungutan biaya apapun alias gratis.

Sekjen Malang Care Dinar Hana SW mengatakan bahwa mayoritas warga Bedali menderita penyakit hipertensi.

“Rata-rata penyakit endemiknya hipertensi juga ada keluhan beberapa penyakit lain,” ungkapnya saat dikonfirmasi MalangTODAY.

Tak hanya itu, komunitas yang bergerak dibidang sosial ini, juga melakukan home visit atau kunjungan ke sejumlah warga yang tidak bisa menuju Balai Desa karena keterbatasan kesehatan.

Dinar menambahkan, bahwa tingkat kesejahteraan dan kesehatan masyarakat belum meluas. Terbukti dari akses informasi warga Bedali, terkait fasilitas kesehatan gratis yang masih rendah.

“Masih kami temui beberapa warga yang kesulitan berobat karena tidak memiliki biaya. Padahal fasilitas kesehatan gratis itu ada. Nah ini kan berarti informasi ini tidak sampai ke masyarakat luas,” paparnya.

Sebab itu, Malang Care berencana akan memaksimalkan layanan kegiatan sosial di Bedali.

“Iya pasti. Sudah ada pembicaraan dengan pihak desa untuk melakukan layanan pengobatan secara rutin disini,” tandasnya.

Loading...