Ekowisata Kopi Amadanom Dampit Jadi Tujuan Belajar Wisatawan Asing
Kopi yang berada di Ekowisata Kopi Amadanom Dampit @Dhimas/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Ekowisata Kopi di Desa Amadanom Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang kini mulai menjadi tujuan belajar bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik.

Hal itu diungkapkan Tustiningsih, Bendahara Kelompok Tani Harapan Amadanom selaku salah satu pengelola Ekowisata Kopi Amadanom, Senin (6/8).

Baca Juga: Berkhasiat! Menikmati Teh Cascara, Teh dari Limbah Kulit Kopi di Malang

“Kami pernah kedatangan tamu dari Polandia dan Korea. Sementara untuk tingkat domestik, yaitu rombongan sekolah dari Papua,” kata Ningsih.

Ia menambahkan, wisatawan yang datang ke Ekowisata Kopi itu bisa belajar mulai cara tanam, perawatan, aspek pengolahan hingga menjadi sajian kopi yang nikmat. Wisatawan bisa belajar semua itu dilahan seluas 0,25 hektar.

“Tujuan didirikannya Ekowisata Kopi ini memang pertama untuk pembelajaran kopi dari hulu hingga hilir. Kemudian yang kedua untuk kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Baca Juga: Kopi Letek, Tempatnya Nongkrong Sambil Ngopi Bak di Rumah Sendiri

Ekowisata Kopi Amadanom sendiri telah dibuka sejak tahun lalu. Dalam Ekowisata Kopi itu ada 25 orang kelompok tani yang terlibat dalam pengelolaan. Masing-masing dari mereka memiliki lahan seluas 0,5 hektar.

Diharapkan, dengan adanya Ekowisata Kopi itu dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Malang, terutama Dampit. Kopi Dampit sendiri selama ini memang sudah terkenal, bahkan hingga ke luar negeri.


Reporter : Dhimas Fikri
Editor : Raka Iskandar

Loading...