Ada Layanan e-PBB, Pemkab Malang Mantapkan Langkah Menuju Smart City
Penandatanganan nota kesepahaman terkait e-PBB antara Pemkab Malang dan BNI Kanwil Malang di Pringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Perlahan tapi pasti, komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk menjadikan daerahnya sebagai smart city secara bertahap mulai terlihat implementasinya.

Terbaru, Pemkab Malang bersama BNI Kantor Wilayah Malang menandatangani nota kesepahaman penyediaan dan penggunaan layanan jasa perbankan serta kerja sama tentang pembayaran pajak, khususnya pajak bumi dan bangunan melalui e-Channel atau e-PBB.

Baca Juga  Sebagian Fasilitas PJU Jalibar Kepanjen Tak Berfungsi karena Dicuri

Kabupaten Malang menjadi daerah kelima yang mengimplementasikan layanan e-PBB tersebut. Sebelumnya, layanan e-PBB itu sudah berjalan di Kota Batu, Blitar, Kediri dan Banyuwangi.

Plt Bupati Malang Muhammad Sanusi mengatakan, target pendapatan asli daerah (PAD) diharapkan mampu mencapai target dengan adanya layanan e-PBB itu.

Baca Juga  Doni Tata Rebut Gelar Juara Umum Trial Game Asphalt 2017

“Partisipasi masyarakat juga bisa meningkat kesadarannya membayar pajak, kan bisa melalui HP-nya. Pajak merupakan sektor penting sekarang, mengingat pentingnya peran pajak kepada negara,” kata Sanusi, Selasa (18/12/2018).

Sanusi menilai, penerapan layanan e-PBB itu merupakan momentum yang strategis. Menurut Sanusi, hal itu akan memberikan kontribusi pada pembangunan daerah secara merata.

Baca Juga  Profesi Tukang Becak Yang Semakin Tenggelam

“Kita harus tetap berusaha agar ada peningkatan dari semua sektor pajak. Sehingga pembangunan bisa merata,” terangnya.

Di sisi lain, CEO BNI Kantor Wilayah Malang Wiwi Suprihatno menyampaikan, pelayanan perbankan one stop solution secara digital itu merupakan bagian kerja sama tahap awal. Layanan e-PBB sendiri, katanya, dapat diakses selama 24 jam melalui ATM, agen BNI ataupun layanan lainnya.

Baca Juga  Suruh Orang Tebang Pohon di Tanah Bengkok, Eks Kades Sumawe Dipolisikan

“Ini merupakan bentuk dukungan BNI kepada Pemkab Malang untuk mewujudkan smart city, transaksi keuangan elektronik. e-PBB ini menyebar di seluruh pelosok Kabupaten Malang, sistemnya terintegrasi host to host dengan Pemkab Malang. Seluruh Indonesia sudah ada 25 yang terlayani melalui e-PBB,” ucap Wiwi.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Swara Mardika

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.