Drainase Tersumbat, Luapan Air Ganggu Jalur Malang-Surabaya
Luapan air yang menggenangi sebagian besar jalur Malang-Surabaya @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Hujan deras yang turun di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang membuat arus lalu lintas sedikit terganggu.

Terganggunya lalu lintas tersebut lantaran adanya luapan air yang menggenang memenuhi sebagian besar jalur utama Malang – Surabaya dan sebaliknya. Adanya luapan air itu mengakibatkan pengguna jalan melambatkan laju kendaraan.

Camat Singosari, Eko Margianto menyampaikan, dalam beberapa waktu terakhir jalur utama Malang-Surabaya memang kerapkali muncul luapan air. Ketinggian air pada jalur poros itu bahkan bisa mencapai 30 sentimeter.

“Sekarang sudah agak surut. Tapi tadi pas hujan deras ketinggian air antara 20 sampai 30 sentimeter,” ucap Eko, Rabu (6/2/2019).

Mantan Camat Tajinan ini menambahkan, luapan air itu lebih karena tersumbatnya saluran drainase yang ada di sekitar jalur Malang-Surabaya. Saluran drainase itu tersumbat karena ada tumpukan sampah. “Drainasenya tersumbat dengan sampah rumah tangga,” terangnya.

Lebih jauh, Eko mengimbau agar masyarakat bisa meningkatkan kesadaran dengan tidak membuang sampah sembarang, apalagi sampai menyumbat saluran drainase. “Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang,” ungkapnya.

Terakhir, untuk mengantisipasi munculnya luapan air di jalan nasional tersebut, pihak Kecamatan Singosari tengah mengajukan permohonan bantuan kepada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga agar saluran drainase bisa direvitalisasi. (DHI/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.