Disparbud Kabupaten Malang Resmikan Wisata Religi Sumber Nyolo
Pemotongan pita peresmian wisata religi Sumber Nyolo oleh Disparbud Kabupaten Malang @KKN 128 UMM for MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Sebagai wujud kepedulian kepada sesama, KKN 128 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama dengan Paguyuban Pokdarwis Sumber Nyolo menyelenggarakan acara peresmian wisata religi Sumber Nyolo yang dihadiri oleh perangkat desa. Acara ini secara resmi dibuka oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang. Acara ini bertempat di desa Ngenep kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, Minggu (5/8/2018).

Endang (54) selaku perwakilan Disparbud di bidang kebudayaan menjelaskan bahwa upaya ini menjadikan pariwisata untuk membantu peningkatan pendapatan daerah

“Dengan adanya perbaikan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dan menjadikan pariwisata yang terkenal diketahui masyarakat luas,” tukas Endang.

Baca Juga: KKN 88 UMM Ajarkan Peduli Lingkungan Melalui ‘Bungkus’

Sebelum acara peresmian, mahasiswa KKN 128 Universitas Muhammadiyah Malang dibantu oleh Paguyuban setiapnya harinya sejak tanggal  20 Juli  melakukan perbaikan terhadap obyek wisata religi ini.

Perbaikan dimulai dari pengecatan ulang beberapa spot seperti bendungan dan toilet, membuat gapuro dengan tulisan “Wisata Religi Sumber Nyolo”, membuat spot-spot foto kekinian, dan pembagian 10 bak sampah di area sekitar. Tidak hanya itu KKN 128 juga membuat plang jalan untuk mempermudah wisatawan menuju tempat wisata sumber Nyolo

Yordan (21) selaku Koordinator Desa KKN 128, program kerja ini bertujuan untuk membantu branding wisata religi tersebut. Tak lupa ia juga menuturkan rasa terima kasih yang mendalam pada pihak-pihak yang terlibat.

Baca Juga: Solusi Olah Limbah Rumah Tangga Jadi Pupuk Kompos Oleh KKN UMM 55

“Ini merupakan program kerja unggulan dari kelompok KKN kita, targetnya kita dapat membantu mem-branding wisata ini, terima kasih untuk semua pihak yang terkait terkhusus pak Muslimin dan paguyuban yang sudah membantu kita dari segi materil maupun non materil,” tukasnya.

Acara kali ini dimeriahkan dengan beberapa pertunjukan seperti tarian daerah yang dibawakan oleh anggota KKN 128, penampilan akustik dan persembahan rebana dari anggota ibu PKK kecamatan Karangploso dan orkes desa. Lalu sampailah di acara puncak yaitu pemotongan pita sebagai simbol peresmian yang dilakukan oleh Endang selaku perwakilan Disparbud Kabupaten Malang.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar

Loading...