Disnaker Kabupaten Malang Imbau Calon TKI Gunakan Jalur Resmi
Kabid Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kab. Malang, Achmad Djunaedi @dhimas

MALANGTODAY.NET – Hingga kini masih banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri lewat jalur ilegal alias non prosedural terutama di Saudi Arabia. Menanggapi hal tersebut, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang mengimbau calon TKI agar tidak memakai jalur ilegal.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Malang, Achmad Djunaedi mengatakan calon TKI tergiur melalui jalur non prosedural karena dinilai lebih mudah dan gampang dibanding jalur resmi.

“Disinyalir ada beberapa modus yang digunakan calon TKI untuk bekerja secara ilegal di Saudi Arabia,” ujar Djunaedi, Senin (8/5).

Jalur ilegal yang dimaksud biasanya seperti menjalankan ibadah umroh atau ibadah haji dan ikut bursa kerja.

“Disnaker menilai TKI ilegal tersebut adalah TKI yang sudah pernah bekerja selama puluhan tahun di Saudi Arabia,” imbuhnya.

Dari modus tersebut, TKI bisa dengan mudah bekerja kembali lewat jalur tidak resmi, karena sudah berpengalaman puluhan tahun.

“Guna meminimalisir munculnya kasus TKI ilegal di Saudi Arabia, saya juga meminta media massa turut memberi sosialisasi,” jelasnya.(mas/zuk)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.