Disnaker Kabupaten Malang Bekali Ketrampilan Membatik Difabel
Pelatihan membatik yang diadakan Disnaker Kabupaten Malang (Istimewa)

MALANGTODAY.NET -Sedikitnya 17 orang penyandang disabilitas kembali mendapat pelatihan ketrampilan dari Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang. Kali ini, para difabel itu diberikan ketrampilan membatik.

Selain penyandang disabilitas, ada juga puluhan peserta dari masyarakat umum yang juga mengikuti pelatihan. Mereka mengikuti pelatihan membatik mulai Kamis (16/5/2019), Jumat (17/5/2019) dan hari ini, Senin (20/5/2019).

Disini, pihak Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang menggandeng Lembaga Pelatihan Kerja Ganesa Kepanjen. Step by step pembuatan batik mereka ikuti dengan seksama, mulai dari proses desain hingga mencanting.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Kabupaten Malang, M Yekti Pracoyo menyampaikan bahwa selain memberi pelatihan membatik, pihaknya juga memberikan wawasan mengenai kewirausahaan.

“Para peserta juga mendapatkan materi mengenai kewirausahaan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo, serta materi mengenai pembiayaan keuangan bagi wirausahawan dari Bank Jatim,” kata Yekti.

Lebih jauh, Yekti menambahkan, nantinya juga akan ada kerjasama dengan dua perusahaan batik yang berasal dari Probolinggo dan Kepanjen. Sistem kerjasamanya, para perusahaan memberikan alat dan bahan bagi para peserta pelatihan.

Kemudian, peserta bisa mengerjakan di rumah. Selanjutnya, jika sudah selesai akan diambil oleh perusahaan tersebut.

Jadi pelatihannya tidak berhenti sampai di sini tapi ada kelanjutan. Kemungkinan model kerja sama ini akan dilaksanakan usai lebaran,” ungkapnya. (Dhi/end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.