Dishub Lakukan Pengadaan Mobil KIR Keliling Tahun Depan
Kadishub Kabupaten Malang Hafi Lutfi (dhimas)

MALANGTODAY.NET – Tahun depan Dinas Perhubungan Kabupaten Malang berencana melakukan pengadaan mobil uji KIR keliling untuk memaksimalkan pelayanan dalam pemeriksaan kelayakan kendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang, Hafi Lutfi mengatakan bahwa diperkirakan pengadaan mobil KIR keliling tersebut bisa menyedot anggaran 3 miliar rupiah. Mobil KIR keliling itu sendiri nantinya akan dilengkapi dengan peralatan digital dengan sistem komputerisasi.

“Dengan demikian uji KIR kendaraan tidak mutlak dilakukan di Balai Uji KIR, tapi bisa garasi atau ditempat pemilik kendaraan. Pemilik kendaraan atau perusahaan penyedia jasa angkutan bisa memanfaatkan layanan mobil KIR keliling nantinya,” ujar Hafi Lutfi, Senin (4/9).

Sementara itu, realisasi pengadaan mobil KIR keliling akan dilakukan di tahun 2018. Mengingat sudah tidak mungkin bisa diusulkan pada tahun ini meskipun dalam perubahan APBD 2017.

“Saat ini kami masih melakukan kajian dan desain mobil uji KIR keliling serta teknologi yang digunakan, sehingga bisa dioperasionalkan di seluruh wilayah Kabupaten Malang sebelum diusulkan penganggarannya,” imbuhnya.

Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang tersebut juga berharap nantinya dengan mobil KIR keliling bisa menggenjot pemasukan retribusi. Pasalnya selama ini target pemasukan retribusi dari sektor tersebut belum bisa tercapai untuk PAD (Pendapatan Asli Daerah).

“Di sisi lain Dishub bisa mengejar target retribusi untuk PAD,” pungkasnya. (Mas/end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.