Iseng, Anak Mantan Pejabat Jual Blangko E-KTP di Toko Online
Blangko E-KTP (Kumparan)

MALANGTODAY.NET – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Malang telah menerbitkan 200 E-KTP bagi penghayat kepercayaan di wilayahnya.

Penerbitan E-KTP itu pasca keluarnya keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia. MK telah memberikan lampu hijau bagi penghayat kepercayaan agar bisa dicantumkan pada kolom agama di E-KTP.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Malang, Sri Meicharini (Dhimas)

Kepala Disdukcapil Kabupaten Malang, Sri Meicharini menyampaikan, selain E-KTP, pihaknya juga telah menerbitkan akta dan kartu keluarga (KK) bagi penghayat.

“Kami sudah terbitkan 200 E-KTP dan juga KK untuk penghayat di Kabupaten Malang,” ujar wanita yang akrab disapa Rini tersebut, Rabu (27/2/2019).

Lebih jauh, Rini mengatakan, ada persyaratan yang harus dilengkapi penghayat kepercayaan yang ingin mengurus E-KTP, KK ataupun akta. Jika persyaratan administrasi tidak dilengkapi, Disdukcapil berhak menolak.

“Sekarang ini penghayat kepercayaan di Kabupaten Malang bisa memiliki E-KTP. Tapi harus memiliki surat resmi dari perkumpulan atas kepastian keyakinan yang dianut. Jika tidak ada, maka kami akan tolak,” tegasnya.

Mantan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Layanan Terpadu Satu Pintu ini menambahkan, pasca adanya keputusan dari MK itu, pihak kini lebih getol melakukan sosialisasi kepada penghayat kepercayaan di wilayahnya. Selain itu, koordinasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) juga intens dilakukan Disdukcapil.

“Sejauh ini kami tidak menemukan masalah, bahkan mereka langsung bisa mengikuti perekaman E-KTP,” jelas Rini. (DHI/KIS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.