Dinas Peternakan Jamin Hewan Kurban Aman dan Bebas Penyakit
Salah satu sapi yang diperiksa petugas dari DPKH beberapa waktu lalu @Dhimas/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Kurang dari satu bulan lagi masyarakat muslim akan melaksanakan Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban. Persoalan kesehatan hewan selalu menjadi pertanyaan menjelang hari raya kurban.

Oleh karena itu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Malang menjamin tidak akan ada masalah dalam kurban nanti, terutama dalam hal kesehatan hewan. Selain itu, untuk ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Malang, DPKH yakin jumlahnya akan mencukupi.

Baca Juga: Ini Top 5 Makanan Khas Idul Adha di Luar Negeri, Yuk Cobain

“Nanti H-7 kita lakukan pemantauan di lapangan untuk mengetahui seberapa banyak jumlah hewan korban yang disembelih pada saat Idul Adha,” kata Kepala DPKH Kabupaten Malang, Nurcahyo, Kamis (9/8).

Pria yang akrab disapa Cahyo itu menambahkan, ada tim khusus yang akan diterjunkan untuk memantau ketersediaan dan kondisi hewan kurban. Pemantauan akan dilakukan di sejumlah pedagang hewan kurban.

“Tim khusus ada, jadi untuk memantau jumlahnya termasuk nanti yang akan disembelih itu berpenyakit atau tidak, kalau berpenyakit nanti ya disisihkan,” imbuhnya.

Baca Juga: Anies Baswedan: Idul Adha Adalah Kisah Sebuah Keluarga Teladan

Untuk potensi timbulnya serangan penyakit terhadap hewan kurban sendiri, Cahyo mengatakan jika hal itu kemungkinan kecil terjadi.

“Disini gak ada, jadi tidak ada penyakit seperti antraks itu,” tandas Cahyo.


Reporter : Dhimas Fikri
Editor : Raka Iskandar