Dijadikan Homestay, 9 Rumah Warga di Pantai Wedi Awu Bakal Dipermak
Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat @Dhimas/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Sembilan unit rumah warga di sekitar Pantai Wedi Awu, Tirtoyudo, Kabupaten Malang bakal dipermak agar layak huni dan dapat difungsikan sebagai homestay bagi wisatawan.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat mengatakan bahwa pihaknya telah meninjau kondisi rumah-rumah tersebut. Bahkan ada rumah yang masih berlantaikan tanah dan dinding dari kayu.

“Homestay belum ada. Memang perlu kita bantu, bah kebetulan kita ada anggaran. Wisatawan asing disana akan nggak perlu yang mewah, rumah yang layak gitu saja. Kemarin ketemu sembilan rumah. Sembilan rumah itu kita bantu, bisa dijadikan penghuni sebagai homestay,” ujar Wahyu, Selasa (15/1/2019).

Wahyu menambahkan, perbaikan sembilan rumah warga tersebut akan diambil dari anggaran bedah rumah. Besar anggaran yang digunakan untuk bedah rumah tersebut berbeda-beda, berkisar antara Rp 15 juta hingga Rp 25 juta per unit rumah.

“Ini 15 sampai 25. Jadi wisatawan asing itu kan tidak muluk-muluk, yang penting layak dan ada kamar mandi. Jadi nanti yang kita bantu, lantai jadi keramik, dinding jadi bata, dan genting. Kita juga ada dana untuk jamban warga. Jadi tiap rumah itu tidak ada jambannya. Wisatawan asing yang datang kesana itu jadi bingung,” terangnya.

Lebih jauh, mengenai penambahan fasilitas kamar mandi dan septictank tersebut, Wahyu mengatakan per unit rumah akan mendapat bantuan sebesar Rp 10 juta.

“Itu kita bangun kamar mandi langsung septictank 10 juta per unit rumah. Ada pipanisasi sekitar satu kilometer,” pungkasnya.(DHI/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.