Situs Sekaran di Sekarpuro Pakis yang sedang dalam proses penggalian (Dhimas)
Situs Sekaran di Sekarpuro Pakis yang sedang dalam proses penggalian @Dhimas/MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Keberadaan situs Sekaran di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang ternyata masih menyimpan banyak misteri.

Diungkapkan salah satu arkeolog dari Badan Peninggalan Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho, jika signifikansi situs itu berada diantara dua gunung. Yaitu, Gunung Semeru dan Gunung Kawi.

“Signifikansi lain, ini mengarah ke Semeru, lokasi bangunan ini mengarah ke Timur Laut, ke Gunung Semeru. Dan yang di Barat Daya itu ke Gunung Kawi. Apakah ini berarti sesuatu, mungkin nanti di kajian-kajian lebih lanjut,” terang Wicaksono, belum lama ini.

Map Situs Sekaran (Google Maps)
Map Situs Sekaran (Google Maps)

Selain itu, jika dilihat secara makro, situs Sekaran berada ditengah-tengah empat candi. Diantaranya, Candi Singosari, Candi Kidal, Candi Jago dan Candi Badut.

“Kemarin saya coba melihat wilayah secara makro, seperti Candi Singosari, kemudian Badut yang ada di Barat, kemudian yang di Tumpang itu ada Candi Jago, (Candi) Kidal. Ini tepat persis di tengah sebaran itu. Ya, silakan diterjemahkan sendiri,” ungkapnya.

Lebih jauh, alumnus Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta ini menyampaikan, struktur bata di situs Sekaran merupakan temuan kedua di Malang. Temuan pertama, ada di Watugede, Singosari.

“Di Malang, dari data kami, hanya di Watugede dan ini (Sekaran). Cuma dua ini,” jelasnya. (DHI/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.