Keren! Desa Wisata Pujon Kidul Jadi Sorotan Presiden Jokowi
Cafe sawah di Desa Wisata Pujon Kidul (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Desa Wisata Pujon Kidul di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang diam-diam mendapat perhatian dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Hal tersebut dibuktikan melalui unggahan video di akun YouTube orang nomor satu di Indonesia itu pada, Rabu (28/3). Video tersebut berjudul ‘Era Baru Desa Pujon Kidul’.

Baca Juga: Sapa Warga Malang dengan Bahasa Jawa, Jokowi Tekankan Ini!

Baru tiga jam diunggah, video itu telah ditonton 8 ribu kali dan mendapat 1 ribu lebih suka dari warganet. Unggahan video itu juga bertepatan dengan kunjungan kerja Jokowi di Kota Malang pada Rabu (28/3).

Dalam caption video itu, menjelaskan tentang Dana Desa yang telah dikelola dengan baik oleh Desa Pujon Kidul.

“Sudah lama Desa Pujon Kidul memendam impian melihat desa mereka hidup dan semarak sebagai desa wisata. Bentang alamnya yang indah, gunung, hamparan sawah, sungai, air terjun, juga kearifan budaya, sungguh sayang jika tidak ada manfaat bagi masyarakat desa.

 

Masalahnya, kata Udi Hartoko, Kepala Desa Pujon Kidul, “Dana kita sangat terbatas,”

Tapi Alhamdulillah, impian kepala desa dan warga Pujon Kidul bagai gayung bersambut. Dana desa yang mengucur sejak tiga tahun lalu dimanfaatkan dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa di tahun 2015.

Baca Juga: Riuhnya Warga Malang Raya Sambut Kedatangan Jokowi

Sejak itu, Pujon Kidul menggeliat dan bangkit. Desa ini menjelma menjadi desa wisata yang hidup. Pertanian, perternakan, usaha rumah tangga ikut menerima dampaknya. Lalu pemuda-pemuda desa yang menganggur, kini ikut bekerja di unit-unit wisata desa.

Inilah wajah Desa Pujon Kidul di Kecamatan Pujon, Malang, yang memanfaatkan Program Dana Desa sebaik-baiknya untuk kemaslahatan masyarakat.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...