Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi saat mengunjungi tempat pembuatan batik di Desa Pakisaji belum lama ini@Humas Pemkab Malang

MALANGTODAY.NET – Satu lagi sentra batik di Kabupaten Malang bakal bertambah. Kali ini Desa Pakisaji di Kecamatan Pakisaji tengah mempersiapkan ikon baru berupa kampung wisata batik.

Selama ini, mayoritas warga setempat memang memiliki keahlian dalam membatik. Bermodalkan hal tersebut, sejumlah warga pun berinisiatif menggagas kampung wisata batik.

Apa yang tengah digagas Desa Pakisaji itupun mendapat sambutan hangat dari Pemerintah Kabupaten Malang. Terlebih, Pakisaji juga memiliki batik khas tersendiri.

“Saat ini bagaimana caranya seluruh warga kompak saling mendukung dalam perwujudan kampung wisata batik ini. Konsep kampung wisata yang sudah di susun warga dan di dukung pemerintah desa melalui Kepala Desa ini sudah sangat bagus,” kata Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi, baru-baru ini.

Sanusi pun meyakini, adanya kampung wisata batik itu nantinya akan membawa multiplayer effect terhadap warga.

“Saya yakin, ketika kampung wisata itu sudah berdiri dan dikenal, maka akan banyak bantuan baik dari pemerintah dan perusahaan melalui CSR akan datang dengan sendirinya. Seperti yang kini diterima dan dirasakan oleh Cafe Sawah Pujon Kidul, begitu juga dengan wisata Boonpring, Desa Sanankerto,” terangnya.

Desa Pakisaji sendiri, secara bertahap, telah mematangkan persiapan untuk mewujudkan kampung wisata batik ini. Termasuk peningkatan kualitas sumberdaya manusianya.

Selain kampung batik, warga juga ingin ada wahana wisata lain di desanya. Namun, saat ini fokusnya memang dicurahkan seluruhnya ke kampung wisata batik lebih dahulu. (Dhi/end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.