Dalam 24 Jam Dua Kali Gempa Terasa di Malang Selatan
Gempa di Malang Selatan (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Dalam 24 jam terakhir, setidaknya dua kali gempa dengan magnitudo skala kecil terjadi di Kabupaten Malang. Magnitudo gempa masing-masing 3,9  dan 4,4 skala richter (SR).

Gempa dengan magnitudo 3,9 SR terjadi pada, Jumat (30/9/2018), pukul 17.32 WIB. Pusat gempa berada di 113 kilometer Tenggara Kabupaten Malang atau berada pada koordinat 9.10 LS,112.88 BT. Gempa terjadi pada kedalaman 6 kilometer.

Baca Juga: Resmi Pensiun, Ini Pesan Mantan Sekwan untuk DPRD Kota Malang

Kemudian, gempa kembali terjadi pada, Senin (1/1/2018), pukul 05.46 WIB. Berbeda dari sebelumnya, kali ini magnitudo gempa sedikit lebih besar yaitu 4,4 SR.

Guncangan gempa kali ini dirasakan warga di Kabupaten Malang bagian Selatan, hingga sebagai Kabupaten Blitar. Pusat gempa berada di laut 97 kilometer Barat Daya Kabupaten Blitar atau tepatnya pada koordinat 8.95 LS, 111.94 BT. Gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Karangkates, Musripan menyampaikan jika hingga saat ini belum ada gempa susulan yang terjadi setelah dilakukan analisis oleh pihaknya. Sementara untuk kerusakan akibat gempa juga nihil laporan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Minggu Ini, Ada yang Sedang Rindu, Nih!

“Berdasarkan peta tingkat guncangan shake map BMKG, peta terjadi di sebagian wilayah Blitar, Gondanglegi dan Ngliyep,” kata Musripan.

BMKG sendiri mengimbau pada masyarakat agar tetap tenang. Masyarakat juga diimbau tidak mudah percaya dengan berita-berita yang belum tentu benar, sebelum ada pernyataan langsung dari BMKG.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor     : Endra Kurniawan

Loading...