CJH dari Malang Harus Sabar 24 Tahun Meski Kuota Haji Bertambah
Wabup Memberangkatkan CJH di Stadion Kanjuruhan @MalangTODAY/Dhimas

MALANGTODAY.NET – Kuota Calon Jama’ah Haji (CJH) dari pemerintah Arab Saudi akan naik sebanyak 221 orang. Namun dinilai tidak berdampak signifikan bagi CJH Kabupaten Malang.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang, Rasyidi mengatakan, penambahan itu dirasa masih kurang. Karena itu CJH harus bersabar menunggu hingga 2041, itu pun jika pendaftaran dilakukan pada 2017 ini.

“CJH masih harus menunggu 24 tahun, karena penambahan kuota di Kabupaten Malang hanya 1 kloter,” ujar Rasyidi, Selasa (21/03).

Rosyadi mengatakan, prioritas utama untuk penambahan kuota CJH ini diperuntukkan kepada yang sudah lanjut usia.

“Untuk tahun 2016 ada 1391 JCH asal Kabupaten Malang terbagi 3 kloter, sementara tahun 2017 ada tambahan 382 CJH, total hingga saat ini ada
1773 CJH. Sehingga semuanya terbagi dalam 4 kloter,” tambanya.

Panjangnya daftar tunggu tersebut, selain karena jumlah warga yang mendaftar untuk menunaikan ibadah haji makin banyak, juga disebabkan adanya renovasi di kawasan Masjidil Haram.

“Adanya pengurangan kuota 20 persen dari pemerintah Arab Saudi 3 tahun terakhir ini karena ada renovasi kawasan Masjidil Haram, itu juga jadi faktor daftar tunggu haji semakin panjang,” tutupnya. (ags)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here