Bupati Malang Melakukan Panen Bawang Merah Di Desa Kaumrejo Ngantang (humas Pemkab Malang)
Bupati Malang melakukan panen bawang merah di Desa Kaumrejo Ngantang (Humas Pemkab Malang)

MALANGTODAY.NET – Bupati Malang Rendra Kresna memberikan imbauan kepada seluruh petani di Kabupaten Malang agar selalu up to date mengenai harga pangan.

Hal tersebut disampaikan Rendra saat melakukan dialog bersama petani dalam rangka tanam bawang merah yang digelar di Desa Kaumrejo, Kecamatan Ngantang pada, Senin (21/8).

“Petani harus sering melakukan koordinasi terkait perkembangan harga pangan agar informasi yang didapatkan lebih cepat dan akurat. Kepada para Gapoktan seringlah berkoordinasi mengenai harga pangan khususnya saat ini bawang yang sedang anjlok harganya, kendalanya pasti pasca panen tanaman apapun itu apakah padi, kentang ataupun budidaya ikan ketika waktunya panen raya harga pasti akan terjun bebas,” ujar Rendra Kresna.

Lebih lanjut, Rendra menjelaskan kondisi sulit yang dialami para petani adalah masalah klasik. Selain itu, tidak sedikit pula petani yang mencari profesi lain karena telah patah semangat dengan anjloknya harga pasca panen.

“Hal tersebut menjadi kondisi yang klasik yang akhirnya membuat petani mengalami patah semangat dan tidak bisa mempertahankan profesinya dan mencari terobosan dengan mencari sumber pendapatan yang lain. Banyak petani yang mengalami kerugian, tetapi Presiden Jokowi berharap dengan kejadian seperti ini agar para petani mampu membuat terobosan kepada dinas pertanian, perdagangan maupun dinas terkait lainnya agar petani tetap istiqomah yang mensejahterakan dirinya dan keluarga di Indonesia,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Malang juga menyerahkan bantuan secara simbolis berupa sembilan hand sprayer kepada Gapoktan Karya Makmur, Poktan Subur dan Poktan Makmur.
“Disini patut disyukuri karena air melimpah ruah mengingat tanaman bawang merupakan tanaman yang membutuhkan banyak air. Saya minta kepada para petani untuk pantang menyerah atau putus asa karena gejolak pasti ada,” pungkas Rendra.(mas/zuk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here