Lokasi situs yang diduga peninggalan kerajaan Majapahit di proyek tol Mapan Desa Sekarpuro Pakis (ist)
Lokasi situs yang diduga peninggalan kerajaan Majapahit di proyek tol Mapan Desa Sekarpuro Pakis (ist)

MALANGTODAY.NET – Sejumlah warga diketahui mengambil harta karun kuno yang ditemukan di proyek Tol Malang-Pandaan (Mapan) di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Badan Peninggalan Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Jawa Timur menyampaikan, pihaknya akan mengumpulkan kembali benda-benda yang telah diambil warga tersebut.

“Kami akan menelusuri temuan-temuan lepas yang sudah diambil oleh warga,” ujar Arkeolog dari BPCB Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho.

Rencananya, sejumlah warga yang diketahui mengambil benda-benda kuno tersebut akan dikumpulkan di kantor desa setempat. Sejumlah warga itu akan dikumpulkan hari ini, Selasa (12/3/2019).

“Rencananya nanti sore sekitar pukul 16.00 atau 17.00 WIB, kami akan mengumpulkan warga,” terangnya.

Lebih jauh, mayoritas benda-benda kuno yang ditemukan itu berupa koin dan pusaka. Lokasi penemuan harta karun kuno itu sendiri diduga merupakan situs peninggalan kerajaan Majapahit. Hingga saat ini, BPCB Trowulan sendiri masih meneliti temuan tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara menyampaikan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan BPCB Trowulan, mengingat temuan harta karun kuno berada di wilayahnya.

“Kami sementara hanya melaporkan dan berkoordinasi dengan pihak Badan Peninggalan Cagar Budaya Trowulan untuk melakukan pengamanan,” ucap Made.

Sebelumnya, arkeolog Universitas Negeri Malang, Dwi Cahyono menduga kuat bahwa dulunya kawasan ditemukannya tersebut adalah pemukiman konglomerat zaman Majapahit. Dugaan ini muncul dari ditemukannya cermin, keramik Tiongkok, dan koin-koin kuno dengan ukiran seperti huruf mandarin di salah satu sisinya.

(DHI/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.