Tim Juri Meninjau Hasil Racikan Kopi Dampit (humas Pemkab Malang)
Tim Juri Meninjau Hasil Racikan Kopi Dampit (humas Pemkab Malang)

MALANGTODAY.NET – Kopi Dampit yang telah dikenal dunia membawa Kecamatan Dampit masuk lima besar dalam Lomba Sinergitas Kecamatan tingkat Provinsi Jawa Timur.

Camat Dampit, Bagus Sulistyawan mengatakan bahwa Kecamatan Dampit berhasil masuk posisi lima besar setelah menyisihkan 38 Kecamatan seluruh Jatim.

“Penilaian serta tinjauan lapangan ke wilayah dilakukan tim juri 15 November 2017, tim juri meninjau beberapa titik, ekowisata kopi dampit di Desa Amadanom dan area pertanian kopi. Selain itu, juga dilakukan pengecekan administrasi di kantor Camat Dampit,” kata Bagus, Rabu (22/11).

Bagus membeberkan kunci sukses Kecamatan Dampit masuk posisi lima besar lantaran sinergitas yang terjaga dengan baik, antara Muspika Dampit dengan Pemkab Malang. Bentuk sinergitas itu dilakukan dalam pemberdayaan petani kopi agar dapat meningkatkan produktivitas.

“Pendapatan petani kopi terus meningkat. Disinilah kunci kesuksesan sinergi yang kami lakukan sehingga kami berhasil lolos ke babak lima besar ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut, masuknya Kecamatan Dampit dalam posisi lima besar Lomba Sinergitas Kecamatan tingkat Jatim berkat kopi yang telah dikenal secara global, membuat Bagus ingin terus memacu petani kopi agar dapat mempertahankan produktivitas yang selama ini dinilai sudah cukup baik.

Bagus juga mengungkapkan jika produksi kopi di wilayah Dampit mencapai 3 ribu ton per tahun. Sesuatu hal yang sangat luar biasa.

“Produktivitas kopi di wilayah ini mencapai 3 ribu ton tiap tahunnya,” tutupnya.

Selain ekowisata kopi, tim juri Lomba Sinergitas Kecamatan tingkat Jatim juga menilai dan meninjau produk unggulan, klink DD dan ADD, PATEN Kecamatan dan Jebol Anduk di Kelurahan Dampit, Taman Posyandu Bugenfil, BERAKSI (Bersama Masyarakat Galakkan ASI Ekslusif), Klick Intan dan Buser TB, Sekolah Adiwiyata dan Sistem Manajemen Perpus, Lumbung Pangan dan KRPL, serta Kamling Pojo.(mas/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda