Kepala Inspektorat Kabupaten Malang Tridiyah Maistuti (dhimas) (2)
Kepala Inspektorat Kabupaten Malang Tridiyah Maistuti (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Inspektorat Kabupaten Malang telah menjalankan serangkaian upaya pencegahan terjadinya pungutan liar (pungli) di dunia pendidikan wilayah Kabupaten Malang.

Pencegahan tersebut merupakan tindak lanjut dari tim saber pungli yang dibentuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beberapa waktu lalu. Tugas dan kiprah Inspektorat sebagai salah satu bagian tim saber pungli adalah menjalankan fungsi pencegahan, jika diperinci lebih lanjut Inspektorat mendapat porsi 80 persen di dalam bagian saber pungli.

Kepala Inspektorat Kabupaten Malang, Tridiyah Maistuti mengatakan untuk memberikan pemahaman tentang pencegahan terjadinya pungli, maka pihaknya telah menjalankan sosialisasi sebanyak dua kali beberapa waktu lalu.

“Sosialisasi mengundang Kepala Sekolah, Kepala UPT, komite sekolah dan orang tua siswa, ini diharapkan bisa memberikan pemahaman tentang pencegahan pada tindakan pungi,” ujar Tridiyah kepada MalangTODAY, Selasa (22/8).

Lebih lanjut, Inspektorat berencana kembali menggelar acara sosialisai terkait tindakan pencegahan pungli pada September dan Oktober mendatang. Pihak penyelenggara dunia pendidikan Kabupaten Malang juga diwanti-wanti agar dalam pelaksanaan administrasi di sekolah bisa menjalankan secara transparan dan akuntabel.

“Apabila dalam upaya penyelenggaran pendidikan menghadapi kendala terkait pungutan maka bisa dilakukan koordinasi dan musyawarah dengan Kepala Sekolah atau Kepala Dinas Pendidikan,” imbuh mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup itu.

Diharapkan kedepan, agar tidak terjadi salah paham yang mengarah ke tindakan pungli, Inspektorat merekomendasikan agar hasil keputusan melibatkan pihak orangtua, komite dan masyarakat.(mas/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here