Batik Asal Kabupaten Malang Ini Ternyata Punya Arti Bau, Penasaran?
Proses pembuatan Batik Seng di Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen. (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Belum banyak masyarakat yang mengetahui jika Kabupaten Malang juga mempunyai batik yang mempunyai motif keren yaitu Batik Seng asal Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen.

Salah satu pengerajin Batik Seng, Evi Wahyu Astuti mengatakan bahwa Batik Seng baru diproduksi sejak satu tahun yang lalu. Namun, inisiasi pembuatan batik khas Malangan itu sudah ada sejak tahun 2014.

“Jadi awalnya pengambilan nama Seng itu artinya bau, yang diharapkan bisa menyebar dengan bau yang harum. Mulai produktif satu tahun ini, produksi makin diperbanyak, kalau mulai 2014 itu pelatihan-pelatihan saja. Lalu ada sanggar jadi kita buat sebagai tempat untuk produksi,” ujar Evi kepada MalangTODAY, Senin (2/10).

Batik Seng (2)
Proses pembuatan Batik Seng di Desa Sengguruh Kecamatan Kepanjen (Dhimas)

Ibu dua anak itu menambahkan jika produksi Batik Seng terfokus pada warna alam. Warna alam sendiri merupakan pewarna alami yang berasal dari ekstrak tumbuhan jadi tidak berpotensi mencemari lingkungan.

“Kita fokusnya di warna alam, karena kita tidak punyal ipal atau pengolahan limbah hasil produksi. Beberapa batik disini juga sudah punya hak paten,” imbuhnya.

Baca JugaAlasan 2 Oktober Dijadikan Hari Batik Nasional

Selain itu, perempuan yang juga berprofesi sebagai guru tersebut mengungkapkan bahwa selama ini kendala yang dialami untuk proses produksi Batik Seng yaitu modal yang terbatas. Disisi lain, untuk memasarkan Batik Seng hanya sebatas melalui pameran-pameran saja.

“Kendala produksi itu modal, karena batik membutuhkan biaya operasional yang besar.
Selama ini jadi kalau produksi kita ambil kain dulu lalu setelah batik sudah terjual baru kita buat bayar kain. Kalau pemasaran ya lewat pameran-pameran itu,” ungkapnya.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.