Bapenda Hadirkan e-Panji, Pajak dan Retribusi Ditarget Naik
Ilustrasi pajak/net

MALANGTODAY.NET – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang dalam waktu dekat akan meluncurkan aplikasi khusus untuk pajak dan retribusi yang dinamakan e-Panji.

Menurut Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Purnadi, bahwa peluncuran aplikasi berbasis sistem android itu akan dilakukan pada akhir bulan ini atau paling lambat awal bulan Maret. Dalam e-Panji itu ada sejumlah fitur yang nantinya disuguhkan.

Baca Juga  Tahun Depan, Bapenda Berencana Hapus Pajak Sarang Burung Walet

“Nanti di dalamnya, itu termasuk tata cara pelaporan, kemudian pengurusan BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan), kemudian pengurusan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), itu nanti akan saya adopsi bisa melalui android,” kata Purnadi, Senin (11/2/2019).

Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ini menambahkan, hadirnya aplikasi tersebut akan semakin memudahkan masyarakat dan diharapkan target pendapatan yang dibebankan pada Bapenda bisa tercapai dengan baik.

Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Purnadi@Dhimas Fikri/MalangTODAY

“Biasanya, kalau pengurusannya mudah, masyarakat lebih cepat mengurusnya. Lebih tinggi kemauannya. Yang seharusnya mereka harus datang ke UPT, itu bisa ngecek dulu lewat android, berapa yang mereka harus bayar,” terangnya.

Baca Juga  Penyidik KPK Kembali Memeriksa Kantor BAPENDA Pendopo Kabupaten Malang

Lebih jauh, masih kata Purnadi, saat ini aplikasi e-Panji tersebut masih dalam tahap ujicoba. Melalui e-Panji itu, Bapenda menargetkan pendapatan dari sektor pajak dan retribusi bisa naik hingga 10 persen.

“Insyaallah bisa tercapai, (naik) 10 persen,” tandas pria berkacamata itu.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.