Banyak APK Langgar Aturan, Bawaslu Ambil Langkah Tegas
Penertiban oleh Bawaslu dan Satpol PP Kabupaten Malang pada APK yang dinilai melanggar aturan @Dhimas/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malang mengambil sikap tegas dengan menertibkan ribuan alat peraga kampanye alias APK yang dinilai melanggar peraturan.

Fokus penertiban itu dilakukan pada APK yang terpasang tak sesuai aturan di tepi jalan protokol wilayah Kabupaten Malang. Tidak sendiri, Bawaslu dibantu dari personil Satpol PP Kabupaten Malang.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Malang, George Da Silva mengatakan, beberapa APK yang dinilai melanggar aturan antara lain seperti pemasangan di fasilitas umum, area sekolah, kantor instansi pemerintah, tiang listrik, pohon dan beberapa lainnya.

“Sebelum kami melakukan penertiban, kami telah melakukan sosialisasi. Dan juga telah kami beri waktu kepada parpol terkait untuk menertibkan APK-nya. Kalau di tempat seperti ini kan sangat tidak bisa dibenarkan, menutupi fasilitas umum,” ujar George, Rabu (12/12/2018).

George menambahkan, tindakan tegas Bawaslu itu juga membawa dampak positif. Beberapa parpol peserta Pemilu juga sudah ada yang menunjukan itikad baik untuk mau menertibkan APK-nya sendiri.

“Hasilnya cukup efektif, selain sekitar 1.500 APK yang sudah kami tertibkan, beberapa parpol juga sudah ada yang beritikad baik untuk melepas APK-nya yang memang telah melanggar aturan. Itukan saya rasa, upaya kami berbuah bagus,” terang George.

Lebih jauh, Bawaslu mengimbau kepada seluruh parpol peserta Pemilu, khususnya di Kabupaten Malang, agar lebih tertib terkait APK. Bawaslu juga membuka pintu selebar-lebarnya bagi parpol yang ingin berkonsultasi terkait APK itu.

“Kami membuka pintu, untuk parpol agar bisa berkonsultasi jika ingin memasang APK. Dan kami tentunya berharap agar parpol bisa lebih bijak,” pungkas George.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.