Banjir Tak Kunjung Surut, 100 Rumah Warga Sitiarjo Terendam
Kondisi rumah warga yang terendam akibat banjir di Desa Sitiarjo Sumawe (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Kurang lebih 100 rumah warga di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan terdampak luapan air Sungai Penguluran.

Danramil 0818/16 Sumbermanjing Wetan, Kapten Cpl Joko Prastiono menjelaskan pada laporan sementara jika wilayah Desa Sitiarjo berstatus darurat banjir. Banjir tersebut akibat hujan yang terjadi di hulu Sungai Penguluran di Sumawe bagian utara.

“Air juga sudah meluap ke jalan di selatan jembatan Sitiarjo, dan jalan di Kampung Palung,” kata Kapten Cpl Joko Prastiono, Rabu (18/10).

Pantauan MalangTODAY, wilayah yang paling parah terdampak banjir berada di Dusun Rawa Terate. Namun, sejumlah warga memilih bertahan di rumah masing-masing meskipun relawan dan personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang telah mendatangi warga.

Sementara itu, Camat Sumawe, Agus Hariyanto mengatakan jika bencana di kawasan Sitiarjo ini akibat banjir kiriman dari tiga desa yang lokasinya di atas Sitiarjo. Ketiganya adalah Kedungbanteng, Tegalrejo dan Tambakasri.

“Banjir di Sitiarjo ini bukan hujan di dari sini. Tapi dari tiga desa itu,” ujar Agus Hariyanto.

Agus menambahkan, air dari atas atau ketiga desa itu meluncur ke bawah, namun tidak bisa mengalir ke lautan karena laut juga dalam kondisi naik.

“Air laut tidak kunjung surut. Air naik pelan-pelan akhirnya membanjir di Sitiarjo,” pungkasnya. (Mas/end)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here