Lagi, Plt Bupati Malang Ingatkan ASN Harus Netral Jelang Pemilu
Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi @Dhimas Fikri/MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Perhelatan akbar pesta demokrasi, Pemilu 2019 semakin dekat. Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi kembali mengingatkan soal netralitas aparatur sipil negara (ASN).

“Kalau ASN jelas harus netral, begitupun kepala desa. Kalau memang mau ambil bagian dalam kampanye, harus cuti lebih dulu,” kata Sanusi, belum lama ini.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, Pemerintah Kabupaten Malang juga akan lebih ketat dalam hal pengawasan untuk mencegah adanya ASN yang terlibat kampanye Pemilu. Setidaknya, hal tersebut memang harus menjadi perhatian bagi seluruh ASN di Kabupaten Malang.

“Nanti kalau ada temuan, yang menindak akan langsung kami serahkan pada Bawaslu,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Malang, Bachrudin mengatakan, iklim kondusifitas di wilayahnya harus tetap terjaga menjelang, pada saat dan pasca Pemilu nanti. Oleh sebab itu, Bachrudin mengimbau agar ASN yang ada, tidak terlibat aktivitas apapun terkait Pemilu.

“Kalau ASN jelas harus netral. Tapi kalau Kades ya kami hanya bisa meminta mereka agar senantiasa menjaga kondusifitas masyarkat yang ada di wilayahnya,” tuturnya.

Mantan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Malang tersebut juga menjelaskan, pihaknya akan melakukan pemetaan wilayah yang dianggap rawan pada Pemilu nanti. Rawan dalam arti pendistribusian logistik, bukan rawan konflik sosial. (DHI/KIS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.