MALANGTODAY.NET – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur kembali membuka layanan pemutihan pajak kendaraan dan gratis biaya balik nama sejak 24 September lalu hingga 15 Desember mendatang.

Pantauan MalangTODAY di Samsat Talangagung Kepanjen, Kabupaten Malang, sejak dibuka mulai Senin (24/9/2018) sampai hari ini Rabu (26/9/2018), belum ada lonjakan yang signifikan dari masyarakat setelah adanya pemutihan pajak kendaraan tersebut. Selama tiga hari ini, pelayanan di Samsat Talangagung masih landai-landai.

Baca Juga: Dito Arief, Garda Terdepan DPRD Baru Kota Malang

Administrasi Pelaksana (Adpel) Samsat Talangagung, Sugito membeberkan jika berkaca ke belakang atau tahun-tahun sebelumnya, tren yang terjadi pada masyarakat yaitu akan ada lonjakan saat mendekati batas akhir pemutihan pajak.

“Kalau minggu pertama seperti tahun kemarin juga sepi, makanya untuk minggu pertama ini kami gunakan untuk sosialisasi. Minggu-minggu terakhir biasanya lonjakan wajib pajak ini,” ujar pria yang akrab disapa Gito itu, Rabu (26/9/2018).

Gito sendiri mengimbau pada masyarakat di Kabupaten Malang agar segera memanfaatkan adanya pemutihan pajak kendaraan tersebut. Hal itu dikarenakan, menurut Gito, jangka waktu yang diberikan hanya dua bulan lebih.

“Mumpung ada kemudahan penghapusan denda keterlambatan yang diberikan,” terangnya.

Baca Juga: Sambut USBK, Siswa SD Negeri Fokus dalam Belajar Komputer

Sementara itu, salah satu warga Kepanjen, Fauzi mengaku memyambut baik dengan adanya pemutihan pajak kendaraan tersebut. Dirinya merasa terbantu dengan adanya pemutihan pajak kendaraan.

“Ini tadi dapat informasi dari media sosial ada pemutihan pajak, ya terus saya langsung kesini,” katanya.


Reporter: Dhimas Fikri
Editor: Endra Kurniawan

Loading...