Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Malang-Pandaan pada Senin (13/5/2019) @kodim0818
Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Malang-Pandaan pada Senin (13/5/2019) @kodim0818

MALANGTODAY.NET – Bagi para pemudik, berbahagialah. Pasalnya, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) bersama Asosiasi Tol Indonesia (ATI) sepakat mengumumkan diskon tarif tol untuk mudik lebaran tahun 2019. Perkiraan, diskon tarif tol tersebut sebesar 15 persen.

Ketua Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rayat (PUPR), Danang Parikesit membenarkan hal itu. “Iya, besok (hari ini, red). Pengumuman akan disampaikan ATI,” ucapnya seperti dilansir dari Kompas, pada Jumat (24/5/2019).

Diskon ini nantinya akan berlaku di seluruh Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi dan bertarif. Adapun besaran diskon tarif tersebut adalah 15 persen.

Danang mengatakan bahwa ATI akan memberlakukan tarif tol selama periode mudik, mulai tanggal 27, 28, dan 29 Mei 2019. Selain itu, diskon tarif tol juga berlaku pada arus balik mudik pada tanggal 10, 11, dan 12 Juni 2019.

Dia mengatakan diskon ini tidak berlaku pada puncak arus mudik dan balik dengan alasan supaya terjadi retribusi traffic.

Puncak arus mudik diperkirakan berlangsung pada 30-31 Mei 2019, sedangkan puncak arus balik diperkirakan pada 8-9 Juni 2019.

“Dengan begitu, pemuncakan lalu lintas yang menimbulkan yang menimbulkan kemacetan bisa kita kurangi,” tambahnya.

Salah satu Anggota ATI, Direktur Utama PT Waskita Toll Road (WTR), Herwidiakto memastikan diskon akan diberikan selama enam hari. Selain itu, tidak ada besaran diskon antara ruas satu dengan lainnya saat penerapan berlangsung.

“(Besaran diskon) disepakati merata untuk semua ruas,” ujarnya.

Lantas, bagaimana dengan Tol Malang-Pandaan (Tol Mapan)?  Usai diresmikan oleh Presiden Jokowi, Tol Mapan mulai beroperasi pada Selasa (14/5/2019). Para pengguna tol tidak dipungut biaya alias gratis.

“Tadi sudah saya sampaikan kepada menteri BUMN bahwa untuk awal kalau bisa jangan bayar dulu. Paling tidak sampai lebaran ini,” ucapnya saat peresmian Tol Mapan pada Senin (13/5/2019), seperti dikutip dari IDNTimes. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.