Penampakan arung yang berada di kawasan situs Sekaran (Dhimas)
Penampakan arung yang berada di kawasan situs Sekaran (Dhimas)

MALANGTODAY.NET – Proses ekskavasi atau penggalian Situs Sekaran yang berada di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang terus dilanjutkan. Ada temuan baru di tengah proses ekskavasi tersebut.

Tidak jauh dari lokasi utama situs, ditemukan adanya saluran yang mirip goa, dan biasa disebut arung. Arung itu tepatnya berada di sisi Timur berjarak sekitar 50 meter dari situs.

Belum diketahui secara pasti fungsi utama arung itu. Namun diyakini, arung itu tersambung ke suatu tempat yang masih misterius.

Awal ditemukannya arung itu, beberapa warga mengaku sempat melihat penampakan benda-benda kuno. Hal tersebut diungkapkan Juru Kunci Situs Sekaran, Gatot Sujianto.

“Ada sebuah tongkat, ada benda besar yang cekung dan bertepi lebar terbuat dari logam. Warga sempat ada yang melihatnya di saluran ini,” kata Gatot, Senin (15/4/2019).

Selain benda-benda itu, ada warga yang konon, dituturkan Gatot, melihat wujud sesosok ular yang ukurannya cukup besar.

“Sering, ada yang lihat penampakan ular besar di sini,” terangnya.

Meskipun masih menyimpan misteri, warga yang mengetahui keberadaan arung itu tidak mau berspekulasi lebih jauh. Mereka hanya percaya bahwa arung itu juga merupakan tempat suci atau tempat pertapaan yang masih berhubungan dengan Situs Sekaran. (Dhi/Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.