Prosesi Upacara Pemyematan Baret Ungu Kepada Tantama Remaja Korps Marinir Di Pantai Nganteb (dhimas)
Prosesi Upacara Penyematan Baret Ungu Kepada Tantama Remaja Korps Marinir Di Pantai Nganteb (dhimas)

MALANGTODAY.NET – Sebanyak 351 prajurit Tantama Remaja Korps Marinir TNI Angkatan Laut menjalani upacara penyematan baret ungu. Momen sakral itu dilaksanakan di Pantai Nganteb, Kabupaten Malang, Jumat (3/11) malam.

Komandan Korps Marinir, Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono memimpin langsung upacara penyematan baret itu. Jalannya upacara sendiri berlangsung khidmat.

“Kegiatan ini merupakan momentum penting dan bersejarah bagi setiap prajurit Korps Marinir TNI AL (Angkatan Laut), karena sejak diresmikannya pemakaian baret ungu yang menjadi kebanggaan korps itu, maka secara sah, prajurit tersebut menjadi keluarga besar Korps Marinir,” ucap Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono dengan tegas.

BACA JUGA: Ratusan Tukik Dilepasliarkan Marinir di Pantai Nganteb Malang

Lebih lanjut, 351 prajurit tersebut merupakan siswa Kursus Tamtama angkatan XXXVI (36) gelombang dua. Pemyematan baret itu dilakukan setelah mereka berhasil menyelesaikan pendidikan selama satu tahun lebih.

“Pemakaian baret ungu Korps Marinir tidak hanya sebagai simbol identitas prajurit, namun mengamanahkan adanya tuntutan untuk selalu menjaga kehormatan dan kebanggaan korps, dalam rangka pengabdian kepada negara dan bangsa yang telah menjadi nilai-nilai luhur dan terpatri sebagai jatidiri prajurit Korps Marinir,” imbuh Bambang.

Orang nomor satu di Korps Marinir itu juga berpesan pada ratusan prajurit yang telah menyandang baret ungu agar selalu siap menjadi garda terdepan dalam melindungi NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

“Mulai saat ini, harus ditumbuhkan dan dipupuk kesadaran baru bahwa kalian semua adalah prajurit-prajurit kebanggaan rakyat, kebanggaan TNI yang merupakan garda terdepan dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.(mas/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda