26 Rumah Warga Tergenang Air, Ternyata ini Sebab Banjir di Lawang!
Petugas PMI ketika mendata sejumlah rumah terdampak, pasca genangan air di pemukiman warga Lawang (Dok. PMI)

MALANGTODAY.NET – Curah hujan tinggi yang mengguyur kawasan Lawang, Kabupaten Malang pada Jumat (4/1/2019) siang sekitar pukul 14.00, menyebabkan banjir dan genangan air di Jalan Utama Malang Surabaya, yaitu tepatnya di kawasan Pasar Lawang hingga ke arah selatan.

Luapan air yang cukup dalam membuat beberapa pengendara roda dua yang nekat menerobos banjir mengalami mogok kendaraan. Kejadian ini pun sempat viral di beberapa media sosial seperti Instagram dan grup Facebook Komunitas Peduli Malang (Asli) Malang.

Baca Juga  Satu Jam Hujan Deras, Banjir Terjang Permukiman di Singosari

“Tadi ada enam motor yang terjebak, kalau roda empat tidak begitu banyak,” kata salah satu petugas kepolisian usai membantu mendorong.

Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang Muji Utomo menjelaskan, meluapnya air yang berakibat pada banjir ini dikarenakan hujan deras yang mengguyur selama kurang lebih dua jam. Selain itu ia juga menyatakan bahwa pintu air yang telat dibuka menjadi penyebab lainnya.

“Sungai Bendo airnya meluap, karena pintu air telat dibuka. Akibatnya banjir. Begitu pintu air dibuka, langsung surut airnya. Sekarang kondisi sudah kondusif,” jelasnya.

Air dengan ketinggian kurang lebih 60 sentimeter tersebut juga sempat masuk ke pemukiman warga sekitar. Beberapa wargapun sempat kewalahan menyelamatkan barang-barang nya karena luapan air yang menggenangi rumah mereka.

Baca Juga  Hujan Deras, Kota Malang Tak Luput Dari Banjir

“Masuk (airnya) mas, Iki ruang tamu, kamar tergenang, tapi tadi alhamdulillah langsung bisa surut,” jelas Tarmijianto, salah satu warga RT 04 RW 08 yang terdampak banjir.

Petugas PMI kota Malangpun diterjunkan guna membantu warga terdampak untuk membersihkan sisa-sisa genangan air, sekaligus mendata jumlah rumah warga terdampak. Dari kejadian tersebut, setidaknya tercatat sejumlah 26 rumah warga di kawasan Lawang terdampak banjir. Beruntung tidak ada kerugian jiwa dalam kejadian ini.


Reporter : Andika Fajar Kurniawan
Editor : Kistin S

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.