Ini Satu Lagi Wisata Religi Sekaligus Misteri di Malang Raya
Masjid Tiban@blog.ub.ac.id

MALANGTODAY.NET – Pada bulan Ramadan, masjid-masjid umumnya akan ramai didatangi umat muslim. Tujuannya pun bermacam-macam. Termasuk di dalamnya untuk Safari Masjid. Di Malang, ada dua masjid yang bisa dibilang sangat kontroversial. Berikut adalah dua masjid yang dimaksud tersebut.

1. Masjid Tiban

Masjid Tiban Turen kabupaten Malang @inibaru.id
Masjid Tiban Turen kabupaten Malang @inibaru.id

Masjid Tiban yang berlokasi di Turen, Kabupaten Malang. Masjid ini terkenal karena diduga dibangun oleh jin. Anggapan ini muncul karena masyarakat sekitar kaget akan keberadaan masjid megah ini. Pasalnya, mereka tidak melihat aktivitas pembangunan yang masif tetapi secara tiba-tiba ada bangunan masjid yang begitu besar.

Disebutkan oleh Travelingyuk.com, pengasuh pondek pesantren di Masjid Tiban ini melakukan istikharah untuk mendapat petunjuk pembangunan masjid ini. Dengan segala mitos, keunikan, dan kemegahannya ini, masjid Tiban berhasil memikat orang-orang dari luar Malang untuk mendatanginya. Masjid ini juga sudah lumrah menjadi destinasi wisata religi di Malang.

2. Masjid Al-Robithoh

Kaligrafi masjid Al-Robithoh sebelum ditutup @Kaskus
Kaligrafi masjid Al-Robithoh sebelum ditutup @Kaskus

Masjid yang terletak di kawasan sekitar bandara Abdul Rachman Saleh ini sempat viral di pertengahan tahun 2018 lalu. Viralnya masjid ini lantaran ada warganet yang mempermasalahkan kaligrafi di bagian depan masjid.

Menurut warganet tersebut, ada bagian huruf dari kaligrafi tersebut yang mirip dengan salib. Tak lama kemudian, TNI AU selaku pihak yang diminta klarifikasi karena lokasi masjid masih berada di komplek Lanud menyatakan itu bukanlah salib.

TNI AU menegaskan huruf yang seperti salib tersebut sebetulnya adalah menara. Pihak TNI AU juga menyinggung sikap warganet tersebut. Pasalnya jika memiliki pemikiran demikian, Masjid Istiqlal seharusnya tidak ada karena dibangun arsitek non muslim.

“Terima kasih, kaligrafi tsb membentuk bangunan masjid dan menaranya, dimana garis mendatar tsb maksudnya alas kubah menara. Airmin yakin Allah Maha Mengetahui niat baik umatNya. Kalau hal spt ini jd masalah, niscaya Masjid Istiqlal tdk akan berdiri krn arsiteknya non-muslim,” cuit @_TNIAU. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.