120.000 Warga Kabupaten Malang Belum Miliki E-KTP
Ilustrasi © 2017 Vittalia

MALANGTODAY.NET – Sekitar 120 ribu warga Kabupaten Malang belum memiliki KTP elektronik dan hanya berbekal surat keterangan pengganti KTP-E sebagai kelengkapan ketika mengurus keperluan administrasi.

Purnadi selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang mengatakan bahwa pihak Dispendukcapil sendiri sudah melakukan rekam data warga untuk pembuatan KTP-E, akan tetapi, blangko untuk percetakan KTP tersebut masih kosong.

Kepada Antara, Purnadi mengatakan bahwa, “Pihak kami belum tahu kapan blangko KTP-E tersebut dikirim dari pusat agar segera bisa dicetak, dikarenakan setiap hari jumlah KTP-E yang harus dicetak terus bertambah lantaran masyarakat yang melakukan perekaman data juga terus bertambah.”

Menurut perkiraan Kepala Dispendukcapil, Purnadi, kalau sampai akhir tahun 2017 blangko pencetakan KTP-E belum juga datang, maka jumlah KTP-E yang belum tercetak akan bertambah, hingga bisa  mencapai angka 200 ribu lembar.

Sementara jumlah mesin cetak KTP-E-nya sangat terbatas, yakni hanya 17 unit.Sementara, setiap mesin cetak hanya mampu mencetak rata-rata 150 lembar KTP-E per hari. Melihat kondisi tersebut, untuk mencetak sekitar 200 ribu lembar tentu membutuhkan waktu yang cukup lama karena, semakin banyak tunggakan yang belum dicetak, semakin banyak waktu yang dibutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.