Kabupaten Malang
Kabupaten Malang

MALANGTODAY.NET – Sebagai tindak lanjut dan upaya penceghan trafficking yang banyak menimpa anak dan perempuan. Pemerintah Kabupaten Malang menyelenggarakan lomba poster anti trafficking di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (11/10).

Dengan media kertas ukuran A3, sebanyak 66 anak dari 22 kecamatan ikut ambil bagian dalam lomba yang digelar dalam rangka Hari Anak Nasional. Peserta terdiri dari siswa-siswi SMP dan SMA/SMK, dan semuanya merupakan bagian dari Laskar Anak.

Rendra Kresna, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya yang tinggi atas kegiatan ini. Ia mengatakan, dengan kegiatan positif seperti ini kesiapan generasi muda sebagaio generasi penerus Kabupaten Malang bisa leih diharapkan.

Keberadaan Laskar Anak, adalah upaya positif dan nyata dari Pemkab Malang terhadap masa depan anak-anak. Sehingga ke depannya tidak ada lagi hak-hak anak yang terabaiakan.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang panitia lomba poster yang bertema Child not for Sale, Oyik, saat ditemui Malangtoday.net menuturkan bahwa kegiatan ini adalah upaya merangsang kreatifitas anak.

“Hadiah yang kami sediakan adalah trophy dan uang pembinaan. Total sebanyak 3 juta. Dengan besaran 1 juta Rupiah untuk juara I, 750 ribu Rupiah untuk juara II, 500 ribu Rupiah untuk juara III, 300 ribu Rupiah untuk juara harapan I, dan 250 ribu Rupiah untuk juara harapan II,” ujarnya.

Oyik menambahkan besaran uang pembinaan tersebut mungkin akan dirasa kurang, akan tetapi setidaknya itu adalah upaya Pemkab Malang melakukan penyadaran terhadap hak anak.

“Harapannya tiap anak punya kepedulian terhadap kasus penjualan anak di masing-masing daerah,” tegas dia.

Selanjutnya, sebagai bentuk apresiasi terhadap karya anak-naka. Semua materi pemenang dalam lomba poster akan dijadikan materi iklan dan propaganda Lembaga Pengembangan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LP3P2A),  dalam memerangi human trafficking.

“Selain itu materi pemenang akan juga dipamerkan dalam acara kesenian yang akan diselenggarakan Lesbumi NU dalam waktu dekat,” tandasnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda