MalangTODAY.net
MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET Usia KA Singosari Ekspress nampaknya tak panjang. Karena per tanggal 3 Oktober 2016 esok, PT KAI Daops 8 Surabaya akan memberhentikan jalannya operasi kereta yang baru diresmikan pada 19 Agustus lalu itu. Ini merupakan akibat dari perpanjangan rute KA Mutiara Selatan.

Wakil Kepala Stasiun Kota Baru, Mardiono membenarkan hal tersebut dan menjelaskan bahwa penghentian operasional KA Singosari Ekspress merupakan efek dari pergantian armada K2 (kelas bisnis) milik Mutiara Selatan menjadi K3 (kelas ekonomi) di tahun 2016.

“Sebelumnya KA Mutiara Selatan memiliki relasi dari Bandung dan berhenti sampai di Gubeng saja. Tapi per bulan ini KA Mutiara Selatan diperpanjang rutenya sampai ke Malang,” katanya.

Menurutnya, selama ini KA Singosari Express yang beroperasi pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu ini menggunakan rangkaian K2 idle (KA yang menganggur) dari KA Mutiara Selatan. Dengan digantinya rangkaian K2 idle milik Mutiara Selatan menjadi rangkaian K3 2016, maka secara otomatis tidak ada rangkaian K2 untuk KA Singosari Express.

Lebih lanjut Mardiono menyebutkan, penumpang tidak perlu khawatir, karena untuk mengisi kekosongan KA Singosari Express, mulai 3 Oktober 2016 mendatang relasi KA Mutiara Selatan yang merupakan pemilik rangkaian idle untuk KA Singosari Express akan diperpanjang sampai Malang.

“Jadi nantinya KA Mutiara Selatan akan memiliki relasi Bandung-Malang dari sebelumnya yang hanya sampai Surabaya Gubeng. Artinya akan lrbih efisien dibanding harus transit terlebih dulu di Gubeng atau KA Singosari," tuturnya.

Saat ditanyai mengenai persamaan rute KA Mutiara Selatan dengan KA Malabar, Mardiono menjelaskan bahwa hal tersebut tidaklah menjadi masalah. Pasalnya, rute yang ditempuh kedua kereta ini berbeda. Apabila Malabar memiliki rute Bandung-Malang via Kediri, maka Mutiara Selatan nantinya akan memiliki rute Bandung-Malang via Surabaya Gubeng.

Sementara untuk tarif KA Mutiara Selatan nantinya pun akan mengikuti tarif KA tersebut sebelumnya. Yaitu untuk rute Bandung ke Malang dikenai tarif Rp300 ribu sedangkan dari Bandung ke Gubeng Rp285 ribu. Dimana, KA Mutiara Malang- Bandung akan berangkat tiap hari pada pukul 16 .20 WIB sedangkan dari Bandung, Mutiara Selatan akan diberangkatkan ke Malang pada pukul 16.50 waktu setempat. (pit).

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda