Januari, Layanan Kependudukan Terpaksa Beralih Di Block Office, Why?
Suasana

MALANGTODAY.NET – Januari ini, pelayanan kependudukan dan catatan sipil terpaksa harus dialihkan ke block office. Pasalnya, masa kontrak outsourcing sudah berakhir per Desember 2016. Sementara masyarakat yang hendak mengurus surat kependudukan seperti akta kelahiran, KTP, hingga kartu keluarga masih sangat banyak.

“Pendaftaran outsourcing sudah dilakukan, Januari mulai dibuatkan kontrak dan mereka bekerja per Februari 2017,” kata Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji kepada Media di sela-sela sidak yang dilakukan beberapa menit lalu.

Januari, Layanan Kependudukan Terpaksa Beralih Di Block Office, Why?
Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji melakukan sidak ke layanan Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malanguasana

Sidak yang dilakukan itu menurutnya dikarenakan adanya laporan dari warga terkait susahnya kepengurusan surat kependudukan di kemurahan. Sehingga, ia berharap rekruitmen outsourcing baru akan segera rampung dan masyarakat dapat kembali memanfaatkan layanan di masing-masing kelurahan.

“Tidak ada kemoloran, masalahnya hanya antrean yang panjang, jadi lama,” tambah pria berkacamata ini.

Selain itu, lanjutnya, problem lain juga berkaitan dengan legalitas penandatanganan untuk beberapa surat seperti akta kelahiran yang membutuhkan tanda tangan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Sementara yang bersangkutan saat ini telah mengundurkan diri, dan surat keputusan belum turun.

“Tapi Kepala Dinas yang bersangkutan saat ini masih datang dan saya minta tetap membantu,” urai Sutiaji.

Dengan adanya problem ini, dia berharap agar outsourcing dapat dikukuhkan dengan jadwal yang lebih apik. Sehingga, masyarakat tidak harus merasa terbebani. Selain itu, diharapkan juga ada pendampingan khusus dari pegawai negeri kelurahan agar lebih maksimal.

Berikan tanggapan Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here