MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

MALANGTODAY.NET – Guna membudayakan program penelitian di Indonesia, Ikatan Penelitian Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) kembali menggelar Seminar Nasional Temu Ilmiah yang kelima, dan perdana dilakukan di Indonesia.

Ketua IPLBI, Hanson E. Kusuma mengatakan, pembudayaan penelitian ini sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keikutsertaan masyarakat dalam membangun bangsa. Sebab, penelitian yang dilakukan secara formal maupun non formal akan sangat mendukung adanya keputusan baru yang dapat dikembangkan pemerintahan.

“Dengan adanya penelitian, maka ada ilmu baru dan ini sangat bermanfaat,” katanya beberapa menit lalu.

Menurutnya, beberapa negara Asia sudah membudayakan kebiasaan melakukan penelitian bagi masyarakatnya. Dicontohkannya untuk Jepang, yang memang sangat dikenal dengan konsistennya yang tinggi dalam bidang penelitian.

“Di Jepang, acara TV pun selalu diisi dengan berbagai program penelitian, mulai dari skala rumah tangga sampai profesional,” paparnya.

Sebagai ikatan yang terdiri dari berbagai instansi, lanjutnya, IPLBI diharapkan dapat menggandeng dan bekerjasama dengan banyak instansi, termasuk pemerintah. Sehingga, berbagai penelitian yang dibuat dapat dimanfaatkan untuk pengembangan program pemerintah.

“Jadi bisa saling berbagi sesuai dengan kemampuan dan porainya,” urai pria berkacamata ini.

MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

Sementara itu, Ketua Pelaksana Seminar Nasional Temu Ilmiah V, Gatot menambahkan, Malang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan. Salah satunya kearifan lokal yang sengaja diusung dalam tema seminar kali ini.

“Salah satunya peninggalan Singhasari, yang memang bisa dikaji lebih luas dan dapat dimanfaatkan pemerintah untuk menarik banyak wisatawan,” jelasnya.

Dia menyebutkan, hasil penelitian tidak hanya dipublikasikan dalam skala nasional, tapi juga dalam skala internasional. Sehingga, potensi yang dimiki akan dapat lebih dimatangkan.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda