Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Prof. Dr. Arief Hidayat, S.H., M.S.

MALANGTODAY.NET – Sebagai negara yang berkedaulatan rakyat, Pilkada merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Itu sebabnya, Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Prof. Dr. Arief Hidayat, S.H., M.S., beranggapan, pemahaman penyelenggaraan dan penyelesaian pilkada serentak ini sangat penting.
“Pendidikan dalam politik itu jelas sangat penting, oleh semua kalangan tentunya,” ungkapnya beberapa menit lalu.
Arief menyebutkan, pilkada sangat penting dalam menghasilkan pemerintah dan pemimpin yang berkualitas. Sebab, orientasi dari pemilihan itu sendiri adalah perkembangan dari sebuah daerah. Sehingga, penting bagi masyarakat untuk turut serta memilih dan lebih melek terhadap pendidikan politik.
Pemimpin yang berkualitas dan sesuai dengan sistem yanh ditetapkan, lanjutnya, akan mengedepankan kepentingan masyarakat. Dengan sistem yang fair play juga, pilkada akan berlangsung baik tanpa merugikan dan mengecewakan masyarakat.
“Saya himbau untuk tidak menebar janji yanh tidak realistis,” paparnya.
Menurutnya, hal lain yang perlu diperhatikan dalam pilkada adalah sistem pilkada yang selalu membutuhkan modal besar. Sehingga kedepannya, MK menargetkan adanya sistem pilkada tanpa mengeluarkan modal besar. Sehingga, kemungkinan penyalahgunaan jabatan dan upaya melakukan korupsi bagi pemimpin terpilih akan semakin ditekan.
Dia menambahkan, pilkada merupakan sebuah proses pembelajaran politik. Baik oleh calon pemimpin, partai politik, maupun masyarakat itu sendiri. Sehingga, mereka yang mencalonkan diri diharapkan mampu melakukan sesuai dengan prosedur, dan membangun demokrasi sesuai hukum dan konstitusi.
“Jangan sampai menyebabkan masyarakat apatis terhadap politik,” bebernya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda