Pentingnya Impor Sapi Untuk Penuhi Pemintaan Susu
Pentingnya Impor Sapi Untuk Penuhi Pemintaan Susu

MALANGTODAY.NET – Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan  Provinsi Jawa Timur Moch. Samsul Arifien mengemukakan, tantangan industri susu nasional saat ini adalah bagaimana peternakan rakyat bisa memenuhi permintaan susu di Indonesia yang terus tumbuh. Meski produksi susu di Pujon terus meningkat, kebutuhan susu di Indonesia sebagian besar masih dipenuhi oleh bahan baku impor, oleh karena itu Dinas peternakan sendiri beringinan untuk terus menambah populasi agar produksi Susu pun dapat meningkat.

“Impor sapi itu perlu, terutama untuk impor semen nya, kitap impor khusus sapi jantan yang bagus, kemudian disini kita punya betinanya. kita, IB dengan bibit sapi jantan yang benar benar bagus,” urainya kepada media pada acara diskusi menuju rakyat yang berkelanjutan di kecamatan Pujon, Sabtu (8/10).

Dengan Semen yang unggul, dikatakan nya nanti menghasilkan bibit sapi yang baik sehingga produksi susunyapun akan banyak.

Kalau kita kawin silangkan otomatis nanti kualitas bibitnya akan turun. Itu yang menjadi kendala,” tambahnya. Saat ini, ada Balai IB yang bagus yakni Balai IB Singosari Malang dan Balai IB lembang Bandung Balai yang  mempunyai Semen Atau sperma sapi jantan.

“Cuma saat ini peternak kurang kritis, peternak harus meminta IB bibit sapi  perah juga, jangan minta bibit yang asal asalan saja, sapi perah ya harus di IB dengan bibit sapi perah, ” tandasnya. (frk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda