MALANGTODAY.NET  – Staff Promote ILO Jawa Timur, Irfan Affandi menyebutkan, project Sekolah PRT ini dilakukan di empat titik, yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Lampung, dan Makassar.

Sementara dalam kesempatan kali ini, Malang dipilih sebagai salah satu titik pelaksanaan pelatihan uji coba Sekolah PRT ini.

Menurutnya, organisasi PRT di Malang Raya ini tergolong bagus. Sehingga, secara kesiapan, Malang jauh lebih siap dibanding dengan kota lain yang ditunjuk. Untuk perwakilan Malang sendiri, ILO sudah menjangkau lebih dari 200 PRT untuk dapat ikut serta dalam pelatihan.

“Sekarang kami juga tengah mencoba menjangkau Kota Batu dan sekitarnya,” ungkap Irfan.

Dia menyebutkan, pelatihan ini diikuti oleh dua kalangan. Pertama oleh komunitas yang memang sudah bekerja sebagai pekerja rumah tangga, dan yang ke dua oleh mereka yang belum bekerja dan hendak masuk dalam dunia kerja PRT.

“Pelatihan ini memang menjadi sebuah kebutuhan bagi para PRT,” tambahnya.

Dalam pelatihan tersebut, lanjutnya, peserta yang tergabung akan diberi pelatihan selama 200 jam, sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan Pemerintah Indonesia. Kurikulum yang digunakan pun dibuat untuk lebih meningkatkan kompetensi dan skill masing-masing pekerja.

“Selain itu, saat ini kami juga sedang ada advokasi untuk melindungi prt, dari segi jam kerja hingga upah yang mereka dapat,” pungkas Irfan. (pit/ind).

 

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda