ICRD Ungkap Peran Penting Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Desa
Pemateri ICRD (Arul)

MALANGTODAY.NET – Suasana di ballroom Hotel Ijen Suite sejak kemarin, Selasa (7/8) nampak lebih ramai dari biasanya. Pasalnya, International Conference of Rural Development (ICRD) di gelar untuk membicarakan pembangunan desa. Sekertaris Jendral Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjend Kemendes PDTT) yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, perguruan tinggi memiliki peran penting dalam membangun desa.

Baca Juga: Profil Anggota DPR Ini Disunting Jadi Berbau Seks, Kok Bisa?

“Peran perguruan tinggi di nilai cukup penting. Karena perannya sebagai tolak ukur dalam program yang akan di lakukan oleh kementrian,”ungkap Sekjend Kemendes PDTT Anwar Sanusi, pada Rabu (8/8). Ia juga mengungkapkan bahwa perguruan tinggi juga dinilai mampu untuk memberikan inovasi dalam program yang dikerjakan.

Lebih lanjut, Anwar juga menjelaskan bahwa sumbangsih perguruan tinggi terhadap program kemendes PDTT, telah memiliki payung organisasi yakni forum perguruan tinggi untuk desa (FPTUD). Sehingga didalam FPTUD tersebut para anggotanya memiliki hak untuk memberikan masukan, dan bersosialisasi terhadap program pemerintah.

Baca Juga: Selamat Hari Kucing Sedunia, Ini 5 Fakta Menarik ‘Si Meong’ yang Bikin Melongo

“Anggota FPTUD juga memiliki hak untuk mengkritisi program pemerintah yang dinilai kurang sejalan dengan program pembangunan sehingga program tersebut bisa dibenahi konsepnya,”imbuh Anwar. Selain itu, dalam FPTUD ia juga mengharapkan mampu menemukan pengaplikasian konsep secara benar dan matang dalam program yang sedang dikerjakan.

“Salah satunya adalah program kuliah kerja nyata disana bisa kita manfaatkan untuk memetakan masalah yang ada dimasyarakat desa tertinggal,”pungkasnya.

Reporter : Choirul Anwar
Editor : Kistin Septiyani

Loading...