MALANGTODAY.NET – Isu lingkungan hidup adalah isu yang menyangkut hidup orang banyak. Kelalaian kita dalam mengelola alam akan sangat merugikan semua pihak. Berangkat dari hal itu, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang melakukan audiensi dengan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang, pada Jumat (07/10).

Dalam audiensi yang berlangsung di ruang Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang, Jalan KH. Agus Salim No. 7 Malang. Fungisonaris HMI Cabang Malang ditemui langsung oleh Tridiyah selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang.

“Audiensi kali ini bertujuan silaturahim antara HMI dengan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang. Bertujuan mencari solusi besama atas permasalahan-permasalahan lingkungan yang ada di wilayah Kabupaten Malang,” ujar Ketua Bidang LH HMI Cabang Malang Yoga Putra Kahalimi kepada Malangtoday.net.

Selanjutnya ia menambahkan, meski Kabupaten Malang sudah cukup baik mengelola sampah. Tetapi penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya mengurangi sampah harus tidak boleh berhenti. Harus ada konsep berkesinambungan dalam mengelola sampah, karena hal ini berkaitan langsung dengan keberlangsungan ekosistem yang ada.

Menanggapi hal itu, Tridiyah selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang mengungkapkan terima kasihnya kepada ide-ide segar yang ditawarkan dari golongan muda, dalam hal ini HMI sangat diperlukan agar lebih cepat membantu kita semua menuntaskan permasalahan lingkungan yang ada.

Kemudian ia melanjutkan, partispasi masyarakt secara luas juga akan terus ditingkatkan. Pemanfaatan limbah yang tak terpakai menjadi barang kerajinan dan pemanfaatan Biogas adalah bentuk langkah nyata yang sudah diterapkan oleh warga Kabupaten Malang dalam menjaga Lingkungan Hidup.

“Berbicara permasalahan keseimbangan alam, harus juga dicari cara dan tindakan pengelolaan pasca produksinya. Jangan sampai barang yang sudah diproduksi dari sampah menjadi kerajinan tadi tidak terserap ke pasar, sehingga akan kembali menjadi sampah,” ujar Tridiyah

Langkah terbaik dalam menjaga lingkungan adalah mengurangi sampah, terutama penggunaan material plastik. Alangkah lebih baik apabila ada gerakan pencegahan misalnya mengurangi sampah plastik, mengurangi penggunaan bahan yang dapat mencemari lingkungan.

Berikan tanggapan Anda