Malangtoday.net – Hari ini Kongres Sungai Indonesia (KSI) kembali digelar pada Jumat (23/9), di Waduk Selorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencari solusi atas permasalahan sungai. Turut hadir dalam kongres kali ini, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Bupati Malang Rendra Kresna.

Dalam pembukaan tersebut, Ganjar Pranowo mengatakan, untuk mengatasi permasalahan sungai ada Tiga M yakni Mundur, Munggah, Madep. “Artinya, bangunan yang ada di bantaran sungai haru mundur. Selain itu, bangunan di pinggir sungai harus munggah atau naik ke atas. Sedangkan yang terakhir, rumah harus menghadap sungai,” ujarnya.

Artinya, lanjut politisi asal PDIP ini, pemilik rumah yang menghadap sungai tersebut, akan meminimalisir membuang sampah di sungai. Hal ini berbeda dengan rumah yang belakanganya ada sungai, masyarakt jadi leluasa membuang sungai. Hal inilah, kata dia, yang melatarbelakangi suksesi penyelenggaraan KSI perdana di Banjarnegara Jawa Tengah.

KSI di Waduk Selorejo sendiri akan berlangsung selama tiga hari kedepan, dan berakhir pada Senin 26 September. (Adi).

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here