Gus Ipul Menyebut Untuk Menguasai Dunia Diperlukan Ketahanan Pangan
MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

MALANGTODAY.NET – Saat ini senjata yang efektif bukanlah senjata dalam arti sebenarnya, tetapi senjata yang penting saat ini adalah pangan.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifulah Yusuf atau Gus Ipul saat acara Gebyar Perbenihan Pertanian dan Holtikultura dalam rangka Hari Jadi Provinsi Jawa Timur tahun 2016 di Bendungan Selorejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang Rabu (19/10).

“Bung Karno pernah mengatakan, Food is Weapon, makanan adalah senjata. Yang berarti siapa yang menguasai makanan maka ia akan menang,” Urainya.

Gus Ipul memprediksi, sepuluh tahun mendatang penduduk dunia akan mencapai 10 miliar yang mana sekarang sudah berada di angka 8 miliar. Sementara bumi tetap tidak bertambah atau berkurang.

“Artinya kebutuhan pangan dan energi akan meningkat dan sudah dapat dipastikan tanah tanah yang ada akan beralih fungsi secara bertahap dimana sawah subur akan berganti menjadi pemukiman atau tempat industri,” jelas Gus Ipul.

Hal itu dikatakan Gus Ipul, sudah alamiah, maka siapa yang menguasai pangan akan menguasai dunia.

Sementara tuhan memberi bumi ini ada garis takdirnya. Misalkan untuk tempat yang tinggi panen dalam tahunan, daratan panen bulanan dan laut panen harian.  Ini dia katakan harus dikelola dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pangan kita.

“Tanah kita yang kita sebut tanah surga. Sejauh mana tanah surga ini kita kelola dengan baik, itu yang terpenting, ” tandasnya. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda