Sore Ini Gunung Panderman Kembali Dilalap Si Jago Merah
Suasana Kebakaran Gunung Panderman dan Gunung Butak @Arul/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Pagi tadi (18/8) Gunung Panderman dan Gunung Butak dikejutkan dengan kebakaran yang terjadi di kawasan tersebut. Hingga saat ini masih belum diketahui penyebab dari kebakaran tersebut.

“Disana ditemukan tiga pendaki dalam keadaan pingsan, selain itu kawasan yang terbakar diperkirakan sekitar 5 hektar,” ungkap Akhwan Affandi yang merupakan Komandan Utama SAR Estehanget Rescue. Ia juga mengungkapkan bahwa hingga saat ini lokasi pendakian ke jalur dua gunung ini masih ditutup.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Aphan itu mengungkapkan bahwa pihaknya masih belum bisa memberikan identitas pendaki yang pingsan tersebut. Pemadaman api juga dikatakan hanya dapat dilakukan secara manual karena lokasi yang cukup terjal dan membahayakan.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Arjuno dan Gunung Welirang Ditutup Sementara

“Banyak yang berkeyakinan bahwa ada beberapa pendaki yang lupa mematikan api unggun karena menurut warga sekitar cukup banyak pendaki yang berkunjung ke gunung tersebut,” ujar Aphan. Ia juga menambahkan bahwa hingga saat ini pihaknya sedang membantu proses evakuasi para pendaki.

“Ada sekitar 200 pendaki yang dievakuasi, dan kami masih mengupayakan pemadam api hingga saat ini,” imbuh Kepala BPBD Kota Batu Sasmito. Ia juga mengungkapkan bahwa dalam pemadaman tersebut dibantu oleh perhutani, relawan, dan warga sekitar agar api tidak meluas.


Reporter : Choirul Anwar
Editor : Raka Iskandar