Malangtoday.net – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah, pada Minggu 2 Oktober 2016 pukul 06.00 WIB diselenggarakan Parade Muharram 1438 H dengan tema “Umat Islam Bersatu, Tegakkan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar Dalam Wadah Nkri Berdasarkan Pancasila Dan UUD 1945”.

Peserta kegiatan parade ini diperkirakan mencapai lebih dari 50 ribu peserta dari seluruh TK/RA/TA/BA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Negeri maupun Swasta, Pondok Pesantren, dan Madrasah Diniyah, serta Organisasi Masyarakat NU & Muhammadiyah kota Malang.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi, persatuan dan kesatuan untuk meningkatkan solidaritas intern umat Islam di kota Malang, mengokohkan tegaknya amar ma’ruf nahi mungkar demi terwujudnya Malang Bermartabat, serta memperkuat komitmen menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Rute dari parade ini adalah start dari Balaikota Malang menuju Jalan Kahuripan, selanjutnya Jalan Basuki Rahmat, Jalan Merdeka Barat, Jl Kauman, Jl. KH Hasyim Asy’ari, Jalan Ade Irma Suryani, Jalan Pasar Besar, Jalan Zainal Arifin, Jalan Aris Munandar, Jalan Mojopahit kemudian finish di Alun-Alun Kota Malang.

Walikota Malang H. Moch Anton berharap agar kegiatan parade muharram 1438 hijriyah, diadakan bertujuan untuk mengarahkan serta mengajak masyarakat luas kepada kebaikan dengan merefleksikan syi’ar islam dalam kehidupan sosial; mengagungkan syi’ar agama islam, mengembangkan kreativitas dakwah islam, menyediakan wahana seni yang positif terhadap masyarakat, serta menginformasikan nilai-nilai islam pada masyarakat melalui kreasi seni islami.

“Tentu Kerjasama yang baik ini antara kementrian agama, organisasi NU maupun Muhammadiyah menjadi kekuatan bersama untuk kota malang,” ujar Abah Anton.

Pada kegiatan ini dibacakan juga deklarasi umat Islam bersatu, tegakkan amar ma’ruf nahi mungkar dalam wadah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 oleh Ir. H. Baroni MM, Sekretaris MUI Kota Malang dan didampingi Kemenag Kota Malang, Pemerintah Kota Malang, DPRD Kota Malang dan perwakilan ormas Islam.

Acara dilanjutkan dengan doa Oleh Ketua MUI KH. M. Baidowi Muslich. Acara dilanjutkan dengan pelepasan rombongan parade muharram oleh Walikota Malang.

 

Berikan tanggapan Anda