Gatot Nurmantyo: Indonesia Maju jika Pancasila Jadi Pandangan Hidup
Jenderal TNI (Purn.) Gatot Nurmantyo saat mengisi seminar di UMM (Yoga)

MALANGTODAY.NET – Jenderal TNI (Purn.) Gatot Nurmantyo menilai bahwa kondisi bangsa sekarang ini, masih memprihatinkan. Pancasila sebagai dasar negara, menurutnya belum diterapkan sepenuhnya dalam kehidupan sehari-hari.

“Seperti yang dikatakan mahasiswa tadi, contohnya hukum yang tajam ke bawah daripada ke atas,” kata Mantan Panglima TNI ini saat menjadi pembicara seminar kebangsaan dalam Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah XVIII di Theatre Room Dome UMM, Jumat (3/8).

Baca Juga: Pelaku Pembakaran Taman Nasional Komodo Dikutuk Warganet

Lanjut Gatot, Indonesia bisa lebih maju asalkan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara, selalu dijadikan pandangan hidup. Ia pun menilai, seminar ini membuktikan bahwa IMM sangat peduli dan peka terhadap persoalan bangsa.

“Dari tema (seminar) tadi, kesimpulannya bangsa Indonesia ini belum sejahtera,” imbuh Gatot usai seminar bertemakan ‘Meneguhkan Pancasila sebagai Sukma Bangsa untuk Indonesia Sejahtera’ ini.

Baca Juga: Ngakak Abis, 15 Profil Pengguna Tinder Ini Bikin Terpingkal-Pingkal

Gatot pun meyakini, keberadaan IMM ini merupakan salah satu yang dapat membantu tegaknya Pancasila, sehingga martabat dan kejayaan bangsa dapat terpelihara. Ia pun menceritakan perjuangan pendiri Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan yang waktu itu bersinergi dengan KH Hasyim Ashari (pendiri Nahdhatul Ulama) hingga tercetuslah Sumpah Pemuda 1928. Setelah itu, 17 tahun kemudian, bangsa Indonesia bisa merdeka.

“Beliau (KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Ashari) ini satu guru di Makkah. Mereka sama – sama berjuang untuk mencerdaskan bangsa, untuk menyatukan bangsa,” jelasnya.


Reporter: Rahmat Mashudi Prayoga
Editor: Swara Mardika

Loading...