Benarkah Full Day School Mampu Tingkatkan Prestasi Siswa?
Ilustrasi Siswa Belajar Dalam Kelas

MALANGTODAY.NET – Kepala SMK PGRI 3 Kota Malang, Lukman Hakim menegaskan, dasar utama pelaksanaan program Full Day School yang diterapkan di mana ia mengajar saat ini adalah prestasi siswa yang terus meroket. Pasalnya, ada begitu banyak ruang baru yang dapat dimanfaatkan siswa untuk mengekspresikan kemampuan mereka dalam berkarya.

Menurutnya, setiap siswa memiliki kecenderungan untuk menyalurkan setiap bakat yang dimiliki. Sehingga, sekolah wajib untuk menyediakan sebuah ruang agar motorik mereka berjalan dengan baik. Artinya, siswa tidak hanya dipenuhi dengan pengetahuan secara teori maupun praktik, melainkan juga kebebasan untuk menyerap ilmu di luar ruang formal kelas.

“Otak kanan dan kiri dari siswa itu harus seimbang,” katanya pada Media beberapa saat lalu.

Pria ramah ini menambahkan, secara porsi, pendidikan karakter juga sudah diterapkan. Sehingga, siswa tidak hanya mendapat pemahaman untuk kebutuhan mereka terjun dalam persaingan global. Tapi juga sudah dibekali dengan norma dan asas pendidikan dasar, seperti penguatan kehidupan beragama dan sopan santun.

“Sudah kami kenalkan sejak pertama kali siswa masuk ke SMK 3 PGRI dan terus dilanjutkan dalam kehidupan sekolah setiap hari. Contoh sederhananya mengucapkan salam dan cium tangan kepada guru,” paparnya panjang.

Dia optimis, berbagai pengalaman baru untuk menciptakan prestasi bagi siswa maupun kalangan guru setelah ini akan semakin meningkat. Karena program ini juga terus didukung dengan banyak program lain. Salah satunya pemeberian penghargaan bagi siswa berprestasi, yang diberikan juga oleh pihak internal sekolah, seperti dituangkan dalam bentuk beasiswa.

“Jadi untuk lebih mendorongnya, kami juga memberi penghargaan khusus yang datangnya tidak dari lembaga eksternal, dalam setiap prestasi yang didapatkan siswa,” ujar Hakim.

Berikan tanggapan Anda

loading...

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here