MALANGTODAY.NET – Pro dan kontra terkait full day school masih terus bergulir hingga hari ini. Selain pemahaman akan penerapan yang berbeda dari masing-masing individu, perbedaan juga dilatar belakangi adanya risiko yang harus diambil dengan tantangan baru yang diadakan full day school tersebut.

Prof. Dr Ibrahim Bafadal, M.Pd menyabutkan, full day school merupakan opsi pendidikan yang penerapannya memang harus disertai dengan strategi yang tepat. Karena inti dari wacana ini bukan hanya sekedar untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa, melainkan juga penerapan sistem belajar yang efektif.

“Harus ada muatan strategi dalam penerapan full day school,” katanya dalam Seminar Nasional bertemakan Full Day School Repositioning Pendidikan Formal, Non Formal, dan Informal yang berlangsung di Hotel Ollino Malang, Sabtu (22/10).

Dia menyebutkan, metode full day school sudah diterapkan di LPI Sabilillah sejak lebih dari 20 tahun. Sejak pertama kali diterapkan, metode ini hanya didasarkan pada dua alasan. Pertama untuk membimbing pangsa pasar dari kalngan teryentu. Artinya membidik orangtua yang memang memiliki kesibukan tinggi. Sehingga, diharapkan anak bisa lebih berada dilingkungan yang kondusif selama orangtua sibuk dengan pekerjaannya.

“Alasan kedua hanya karena ingin tampil beda,” tambahnya.

Menurutnya, sejak pertama kali diterapkan, metode full day school mendapat sambutan positif dari masyarakat. Meski begitu, kualitas terhadap pendidikan yang diberikan masih tetap dijaga. Salah satunya dengan tetap melakukan seleksi terhadap siswa yang diterima.

Tak hanya itu, lanjutnya, penerapan full day school juga tidak sembarangan. Karena dibutuhkan SDM yang mumpuni dan berbagai fasilitas yang tepat. Sehingga, kualitas ilmu yang diberikan tidak berkurang, begitu juga dengan anak-anak yang akan mendapat pendidikan karakter berdasarkan porsinya.

“Karena tantangan dalam full day school ini juga sangat banyak, juga terkait dengan korelasi positif antara lama jam belajar dengan hasil belajar,” papar Ibrahim. (ind).

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda