FK Metra Bagra Mewakili Jawa Timur di Festival Pertura Tingkat Nasional
MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

MALANGTODAY.NET – Forum Komunikasi Media Tradisional BAWERA GRAHAWARTA (FK Metra Bagra), tahun ini ditunjuk Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur, sebagai perwakilan dalam ajang Festival Pertunjukan Rakyat (Pertura), tingkat Nasional pada Tanggal 17-19 November 2016 mendatang.

Perlu diketahui, FK Metra Bagra yang merupakan bentukan dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Malang tersebut telah menuai banyak prestasi. Baik ditingkat nasional maupun internasional, salah satunya melalui Festival Pertura Tingkat Jawa Timur pada tanggal 24 April 2015 silam yang memenangkan Juara ke-4.

FK Metra BAGRA dibangun dengan tujuan untuk menjadi wadah komunitas bagi para seniman, kreator, pengamat bahkan pandemen seni pertunjukan, yang dapat memberikan ruang dan waktu kepada para seniman dan kreator seni pertunjukan di kota Malang. Sehingga, dapat berekspresi melalui bidang seninya masing-masing.

FK Metra Bagra berusaha merangkul semua cabang seni pertunjukan tradisional, khususnya di Kota Malang. Melalui seni kreasi garapan baru yang berpijak dari seni tradisi yang ada, sehingga dapat memberikan pesan positif kepada masyarakat penontonnya.

Berdasarkan namanya, Bagra memiliki makna yang dalam. Berdasarkan istilah bahasa Jawa, Bawera berarti luas, lapang, terbentang. Pesan yang terkandung dalam nama ini, bahwa Malang memiliki ranah budaya yang sangat luas dan sangat memungkinkan untuk dikembangkan dan dipopulerkan ke seluruh dunia.

Maka popularitas inilah yang dituju dalam kata BAWERA untuk mengangkat eksistensi seni budaya adiluhung Malang. Dengan popularitas dan merambah ke ruang yang luas terbentang di wilayah Nusantara, maka Malang Bawera akan dikenal di mata dunia. Baik dalam bidang seni khususnya, juga pariwisata, pendidikan, industri dan kerajinan, dengan ditunjang keramahan masyarakat Malang Raya.

Sementata kaya Grahawarta sendiri  terdiri atas dua kata, yaitu  berarti tempat, media, atau rumah dan Graha yang berarti tempat, media, atau rumah. Sedangkan yang ke dua adalah Warta, yang berarti berita, informasi, pemberitahuan, pengumuman.

Dengan demikian kata Grahawarta mengandung maksud, tempat atau media pemberitaan atau informasi penting dengan penyampaian secara bagus, indah, dan menyenangkan.

Sementata jiika digabung, dua kata tersebut akan memiliki makna yang luhur yaitu tempat atau media menyampaikan pesan, informasi mengenai hal yang penting. Baik kekayaan seni dan budaya Malang, masyarakatnya, pendidikannya, industrinya, pariwisatanya, keindahan kotanya maupun program-program pemerintahannya secara luas, lapang, terbentang ke seluruh bumi Nusantara dan mancanegara.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda