film tentang bully
Ilustrasi Nanda Tri Pamungkas @ MalangTODAY

Bullying atau perundungan saat ini menjadi permasalahan serius yang baik secara sadar ataupun tidak dialami oleh banyak orang. Terutama dengan berkembangnya media sosial bullying kini juga dilakukan di dunia maya dengan berbagai komentar jahat yang bebas ditulis siapapun.

Nah, tiga film berikut akan membuka mata kuta tentang betapa buruknya bullying bagi kehidupan seseorang.

Carrie

film carrie
Salah satu cuplikan film Carrie @Askmen

Film ini menceritakan seorang gadis bernama Carrie yang diperlakukan dengan sangat kejam oleh teman-teman sekolahnya. Carrie adala seorang remaja yang dibesarkan oleh seorang single mother yang sangat taat beribadah.

Baca Juga: Mengenal Cyberbullying, Intimidasi Dunia Maya yang Begitu Mengerikan

Ibunya sangat protektif dan keras dalam mendidiknya. Suatu hari, saat ia untuk pertamakalinya mengalami menstruasi, terjadilah sebuah insiden. Carrie yang tak pernah diberitahu sang ibu tentang menstruasi mendadak histeris.

Anak-anak perempuan lain yang melihat itu kemudian melemparkan pembalut wanita beramai-ramai. Tak cukup di situ, kejadian tersebut ternyata direkam dan diunggah ke dunia maya. Sejak saat itu, Carrie di rundung dan dikucilkan.

Namun Carries ternyata memiliki sebuah kemampuan yang sangat luar biasa. Ia bisa menggerakkan benda-benda dengan pikirannya, atau yang lebih dikenal dengan sebutan telekinesis. Film ini menceritakan bagaimana perundungan bisa merubah kehidupan seseorang. Film ini juga menunjukkan kemarahan bisa membuat seseorang melakukan apapun.

Wonder

film wonder
Salah satu cuplikan film Wonder @ Collectiveevolution

Kalian sudah liat film yang satu ini, kan? Film yang dirilis tahun 2018 ini menceritakan perjuangan seorang anak laki-laki dengan kekurangan fisik bertahan dengan lingkungannya.

August Pullman mengalami sebuah kelainan langka sejak lahir yang mengharuskannya mendapat berkali-kali operasi agar bisa bertahan hidup. Akibatnya, ia memiliki wajah yang dianggap aneh oleh orang lain.

Kisah berawal di hari pertamanya masuk ke sekolah reguler setelah sekian lama menjalani home schooling. Dengan penampilannya yang berbeda dari kebanyakan orang, ia kesulitan mendapat teman.

Ia juga mendapat peelakuan tak menyenangkan dari teman-teman di sekolahnya. Meski begitu, August adalah anak yang sangat pandai di kelasnya. Namun semua perlahan berubah saat ia berteman dengan seorang anak laki-laki.

Baca Juga  Kenalan Dulu Sama Mahasiswa Pendatang Baru Malang di Opo Jare Edisi MaBa

Tak hanya menyuguhkan kisah mengharukan August, film ini juga bercerita tentang bagaimana ank laki-laki ini merubah orang-orang disekitarnya. Film ini juga sangat cocok untuk menggugah semangat dan memotivasi diri. Film ini mengajarkan para korban perundungan untuk tidak bersikap pasrah dan harus bangkut melawan dengan cara yang lebih baik.

Unfriend

film unfriend
Salah satu cuplikan film Unfriend @nomoreworkhouse

Film bergenre thriller yang satu ini juga pantas kalian saksikan. Film yang mengisahkan kehidupan dunia maya ini menghadirkan sebuah cerita segar yang berbeda dari film lainnya.

Baca Juga: Jackie Chan hingga Lady Gaga, 8 Artis Internasional Ini Pernah Jadi Korban Bully

Berkisah tentang sekelompok remaja yang melakukan group call melalui facebook. Semua berjalan dengan baik hingga tiba-tiba seorang yang tak dikenal bergabung dalam telepon gebungan tersebut. Kejadian aneh dan mengerikan mulai menimpa masing-masing orang di dalam grup itu. Seperti seorang hantu, akun tersebut kemudian mengungkap semua rahasia dari masing-masing orang.

Setelah ditelusuri, ternyata semua kejadian aneh itu bersangkutan dengan kasus bullying seorang perempuan yang dulu adalh teman mereka. Gadis itu memutuskan bunuh diri setelah salah seorang diantara mereka mengunggah videonya tangah mabuk usai sebuah pesta. Akibatnya, gadis itu dibulky oleh banyak pengguna media sosial.

film tentang bully
Ilustrasi Nanda Tri Pamungkas @ MalangTODAY

Karet Bungkus: Ilham Musyafa
Ilustrator: Nanda Tri Pamungkas
Penulis: Kistin Septiyani
Editor: Ilham Musyafa

Loading...